Mohon tunggu...
Devano Oka
Devano Oka Mohon Tunggu... Lainnya - Sebenarnya

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Resensi Short film "Danyang"

3 Januari 2022   17:08 Diperbarui: 3 Januari 2022   17:16 805
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Resensi Film Danyang
Karya Tiaratita
Penulis Tiaratita
Sutradara Tiaratita
Penyunting Tiaratita

Pemeran
A. Abdushomad
Muhammad Seftian
Elvareta Cira Indy Faustine

Rilis 29 Mei 2021

Opening

Film Danyang merupakan sebuah short film (film pendek) yang bertemakan tentang horror namun syarat  akan sebuah makna dan pembelajaran bagi kita semua.
Dalam Istilah Jawa, Danyang memiliki sebuah arti yaitu sebuah "makhlus halus" yang mendiami suatu tempat dan memiliki kekuasaan atas tempat tersebut.

Saya sendiri sering sekali mendengar istilah "Danyang" karena semasa kecil saya sering dinasehati oleh orang tua agar pulang dan mandi sebelum petang, dan beliau berkata "mengko tidak di gondol danyang nek dolan surup" itu merupakan bahasa jawa dan jika diartikan dibahasa Indonesia menjadi "nanti kamu dibawa makluk halus kalau main di waktu magrib" dari situlah saya mengenal istilah "Danyang"

Mari kita mulai alur ceritanya

Danyang

Film ini bermula dari 2 orang karyawan studio kreatif yang sedang asyik bermain ludo, mereka melakukan game tersebut pada saat Yoga sedang menyalakan kompor dan hendak memasak mie instan.. Sembari menunggu air mendidih  yoga menuju ketempat temannya yang sedang berada diruang tamu untuk melanjutkan game ludo yang sedang seru-serunya.

Sementara waktu menunjukkan 23:48 setelah mereka menyelsaikan game tersebut, tersebut teman Yoga bersiap untuk pulang, namun sedikit terhambat karena teman Yoga Tersebut lupa dimana kunci motornya sehingga dengan terpaksa teman Yoga mencari kunci motor tersebut diruang itu. Yoga yang kalah  dalam permainan tersebut enggan membantu mencari kunci dan hanya memandangi layar ponselnya sambil bergumam.

Lalu teman Yoga Menyuruh Yoga untuk ikut membantu mencari kunci motor tersebut, dan barulah Yoga bergegas membantu mencari. Tak sengaja Yoga mencari dibawah meja dan ada suatu kejadian ia melihat kaki yang sedang duduk dikursi yang tadinya diduduki teman Yoga. Lalu ia mengangkat kepala dan betapa terkejutnya tidak ada orang di kursi itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun