Mohon tunggu...
Desy Larasati
Desy Larasati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Cooking

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Observasi Taman Buatan (Heroes Park Purworejo)

15 November 2022   17:15 Diperbarui: 15 November 2022   17:23 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok pribadi dengan pak supriyono

Taman merupakan area yang berisikan komponen material keras dan lunak yang saling mendukung satu sama lainnya yang sengaja dibuat oleh manusia yang dalam kegunaannya sebagai tempat penyegar dan juga tempat bersantai dan sebagainya. Manfaat taman antara lain sebagai penghijauan kota, untuk tempat rekreasi bagi penduduk, utuk menyerap karbondioksida (CO2), dan juga bisa untuk media pemblajaran anak-anak sekolah.

Heroes park adalah tambahan atau wisata baru di kawasan bumi perkemahan Punthuk yang sudah sangat melekat di masyarakat prworejo.

Hingga pada akhirnya di bulan Juli sampai Desember tahun 2019 pemerintah Kabupaten Purworejo melakukan renovasi punthuk menjadi taman kota “Heroes Park” seagai bentuk komitmen untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat Purworejo dalam pelayanan publik. Heroes park sendiri diresmikan pada tahun 2020 dan kini dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Heroes Park berada di Suronatan, Kedungsari, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Yang sebelunya sudah sangat melekat di masyarakat purworejo. Lokasi heroes park juga dilengkapi mushola serta 28 toilet yang memadai dengan sumber air dari PDAM. Disamping itu juga dibangun toilet khusus untuk para difabel. Sehingga mereka dapat merasakan kenyamanan dalam berwisata.

Pak Supriyono selaku pengurus heroes park di temui di lokasi menjelaskan, Heroes Park terhampar di areal seluas 1,5 Hektar dari total 6 Hektar  yang di rencanakan. Pada perencanaan nya di lokasi ini nantinya akan di bangun museum serta toko souvenir dan area parkir.  “ sementara ini para pedagang masih menempati tempat seadanya sambil menunggu di bangunnya lokasi berjualan yang telah di tentukan,” imbuh pak supriyono.

Tamanan yang ada di heroes park sangat beragam mulai dari pohon kayu yang besar seperti pohon akasia, pohin jati, pohon trembesi, pohon mahoni dan juga pohon kayu ulin. Selain itu juga berbagai jenis tanaman lain seperti bunga bugenvil, tanaman pucuk merah, ketapang kencana, pandan bali. 

Dan untuk menambah keasrian dan keindahan, di setiap penjuru juga di tanami pohon tabebuya berwarna kuning sebanyak 24 pohon. Pohon ini seperti halnya bunga sakura yang akan berbunga dengan indah pada waktu tertentu.

Perawatan yang dilakukan di taman ini meliputi penyiraman secara rutin, pemupukan yang dilakukan sekitar 2 setengah bulan hingga 3 bulan sekali. perawatan yang di lakukan pada tanaman di sana seperti pohon bugenvil dan pucuk merah masih terus dilakukan perawatan seperti pembuatan kreasi pada bentuknya dan juga pembuatan bonsai. 

Untuk menjaga kebersihan, pada setiap sudut disediakan tempat sampah berukuran besar yang telah di pilah jenis sampahnya, sehingga sampah tidak menjadi masalah di tempat wisata ini. selain itu pembersihan lingkungan di lakukan setiap harinya seperti penyapuan daun kering agar lingkungannya tetap bersih dan rapi. 

Heroes park sendiri diharapkan menjadi destinasi wisata baru, yang dapat dijadikan referensi sebagai tempat refreshing. Disaming juga di jadikan tempat pertemuan bagi instansi maupun kelompok masyarakat sambil meikmati sejuknya purworejo dari ketinggian. Selain itu sektor ekonomi juga meningkat seiring dengan bertambahnya wisatawan yang datang di sini.

Penulis: Hangga Aprilianto(222180060), Tiara Eko Puspo Wardiningsih (222180158), Desy Larasati (222180160)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun