Mohon tunggu...
DewiOryza
DewiOryza Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Sejarah dan Fakta Menarik dari Taj Mahal

4 April 2016   11:14 Diperbarui: 4 April 2016   11:43 0 0 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="travelingyuk.com/fakta-taj-mahal/"][/caption]Taj Mahal merupakan sbuah monumen yang terletak di Agra, India. Monument ini dibangun atas keinginan kaisar Mughal Shah Jehan anak dari Jahangir, sebagai sebuah Musoleum untuk istri ketiganya yaitu Mumtaz Mahal. Pembangunan dari Taj Mahal ini menghabiskan waktu hingga 22 tahun lamanya, mulai dari tahun 1630 – 16 53. Serta juga meruoakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal. Shah, Jahan, kaisar dari kekaisaran Mughal memiliki kekayaan yang besar selama kejayaannya. Pada tahun 11631 istri ketiganya, yaitu Mumtaz Mahal yang merupakan istri tercintanya wafat ketika melahirnya putrinya Gauhara Begum, anak ke 14 mereka.

Sejarahnya pada tahun 1592 , pembuatan raja al yusuf yang awalnya bernama Pangeran Khurram dilahirkan. Ia adalah anak dari Raja Jehangir (generasi ke-4 Kekaisaran Mugnal) dan cucu dari Akbar the Great. Ketika ia sedang berjalan menyusuri Meena Bazaar, ia melihat seorang gadis yang sedang menjual kain sutera dan manik manik kaca, kemudian Shah Jahan Jatuh hati pada pandangan pertama. Gadis ini adalah Mumtaz ul Zamani, cucu dari bangsawan Persia, Arjumand Banu Begum. Namun ia harus menunggu 5 tahun kemudian untuk menikahi Mumtaz Ul Zamani, tapatnya pada tahun 1612.

Pada tahun 1628, Shah Jahan naik menjadi raja dan Mimtaz Ul Zamani diberi julukan Mumtaz Mahal yang memiliki arti ‘Jewel of the Palace’ (Permata di Istana). Sebelumnya sang raja, sudah memiliki dua isteri, tetapi Mumtaz Mahal merupakan istri yang paling dicintainya, ia menemani kemanapun raja pergi, baik dalam istana ataupun di tenda – tenda dalam perjalanan bersama sang raja. Kemudian hal yang tidak diduga terjadi, di tahun 1631, Mumtaz Mahal meninggal dunia ketika melahirkan anak ke 14 mereka. Ia meninggal karena komplikasi. Pada saat itu, Shah Jahan berjanji bahwa dia tidak akan pernah menikah lagi dan akan membangun makan termegah di atas kuburan istri tercintanya.

Beberapa waktu setelah wafatnya Mumtaj Mahal , Shah Jahan memerintahkan Ustad Ahmad untuk membangun bangunan megah untuk mengenang istrinya. Kemudian Ustad Ahmad mengumpulkan 20.000 orang pekerja yang terdiri dari tukang emas, tukang kayu, dan pengukir yang termahsyur dari seluruh dunia. Dengan bumbung, kubah dan menara yang terbuat dari marmer putih, serta seni mozaik yang indah, Taj Mahal adalah salah satu dari keajaiban dunia. Dibangun dari 43 jenis batu permata, termasuknya yaitu berlian, Kristal, jed, topaz, dan nilam digunakan untuk memlerindah Taj Mahal.

Taj Mahal merupakan struktur bangunan yang sangat simetris. Bahkan dunia pun mengakui jika Taj Mahal merupakan bangunan paling simetris di dunia. Struktur bangunannya memiliki empat sisi yang identic sempurna. Hal ini dapat terjadi karena sang arsitek menerapkan prinsip replika dari simetri dalam geometrid an arsitekturnya. Jika di perhatikan secara mendalam, bangunan akan menjadi cermin dan di separuh yang lain. Tapi di dalam bangunan ini terdapat dua makan yang berbeda ukuran, hal ini untuk membedakan antara makam laki – laki dan perempuan. Nah, satu satunya bangunan yang tidak simetris adalah makan Shah Jahan yang terletak di sebelah makan Mumtaz mahal karena makam ini tidak ada dalam rencana pembangunan. Taj Mahal memiliki empat menara yang dibangin menjorok keluar agar jika ambruk tidak mengenai strukrur utama bangunan.

Seperti yang diketahui, Taj Mahal memiliki warna putih yang cantik. Tapi beredar mitos bahwa pada awalnya Taj Mahal ini akan dibangun oleh Shah Jahan dalam versi hitam untuk menunjukan kesedihannya pada dunia sepeninggalan Mumtaz Mahal dan juga sebagai tempat peristirahatan terahir untuk dirinya. Tapi rencananya ini di gagalkan oleh putranya sendiri. Setelah berhenti menjadi raja dan pembangunannya selesai, putranya langsung menggulingkan Shah Jahan kedalam penjara, Shah Jahan pun kemudian menghabiskan sisa usianya dalam penjara. Setelah Shah Jahan meninggal dunia, untuk membalas budi, kemudian putranya membangun makam Shah Jahan di sebelah makan istri ketiganya yaitu Mumtaj Mahal.  

[caption caption="travelingyuk.com/fakta-taj-mahal/"]

[/caption]Pembangunan Taj Mahal sendiri membutuhkan waktu selama 22 tahun, bangunan berstruktur menakjubkan ini juga diperkirakan menghabiskan biaya yang sangat besar, sekitar 32 juta rupee, yang bila di perhatikan dari segi mata uang saat ini menjadi jumlah yang sangat fantastis yaitu lebih dari 1 triliun rupiah. Maka tidak heran jika bangunan Taj Mahal ini begitu megah dan indah. Dalam pembangunan Taj Mahal yang megah ini, melibatkan 20.000 pekerja, arsitek Taj Mahal sendiri adalah Ahmed Lahauri. Selain itu, untuk membawa batu – batu raksasa itu juga dipekerjakan lebih dari 1.000 gajah.

Bangunan megah ini juga tidak lepas dari bahan bahan bermaterial mewah, karena dibangun menggunakan marmer putih di seluruh tembok bangunannya. Menggunakan marmer dengan kualitas nomer satu dari Rajasthan, Afganistan, Tibet dan Tiongkok. Hal ini ternyata juga belum cukup bagi kaisar, kemudian ia menambahkan batu mulia lain untuk menghiasi marmer marmer tersebut. Hadi tidak heran jika biaya yang dikeluarka untuk membangun Taj Mahal memiliki jumlah yang fantastis.

Bangunan megah dan mewah ini juga di erindah dengan banyaknya prasasti dalam bentuk ukiran kaligrafi. Taj Mahal merupakan sebuah maha karya yang didedikasikan sebagai tempat penghormatan atas Mumtaz Mahal. Dengan begitu, tidak heran jika sang raja menempatkan begitu banyak prasasti yang menghiasi interior meupun eksterior bangunan dalam bentuk tulisa kaligrafi. Bahkan ada kaligrafi yang menghiasi makam Mumtaz Mahal yang berisikan puja puji atas dirinya. Fakta unik lainnya adalah terdapat tilisan Kaligrafi di samping makam Mumtaz Mahal yang bertuliskan 99 nama Allah.

Yang aing unik dari bangunan Taj Mahal ini adalah bangunannya yang dapat berubah warna, yang di definisikan sebagai perubahan mood seorang wanita. Dalam beberapa waktu Taj Mahal memiliki warna yang berbeda beda, faktanya penyebab perubahan warna ini adalah karena marmer putih dan keramik yang memantulkan cahaya. Di pagi hari Taj Mahal akan menampakan warna merah muda yang merona dan akan berubah menjadi putih di siang hari, kemudian pada malam hari bangunan Taj Mahal akan berubah warna menjadi emas mengkilap karena di terpa cahaya rembulan. Perubahan warna inilah yang dianalogikan dengan suasana hati seorang perempuan atau lebih spesifiknya seasana hati Mumtaz Mahal.

Tahukan anda jika Taj Mahal ini sebelumnya pernah rusak dan merupakan bangunan yang sudah direnovasi sebelumnya ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x