Mohon tunggu...
Desy Pangapuli
Desy Pangapuli Mohon Tunggu... Penulis - Be grateful and cheerful

Penulis lepas yang suka berpetualang

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Cangkang Telur Dibuang Sayang

2 Oktober 2021   00:42 Diperbarui: 2 Oktober 2021   00:46 123 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://idea.grid.id/

Teringat di awal Covid kita sempat paranoid ngumpet di rumah, dan menimbun persediaan makanan di freezer.  Ujung-ujungnya sudah jelas pastilah habis.  Nah, kalau sudah begini selain mie instan maka telur datang sebagai penyelamat.

Dimulai dari telur ceplok, telur dadar, telur orek dan berbagai rupa sajian telur.  Hingga ada joke ditengah keluargaku, "Terima kasih ayam, karena sudah bertelur."

Sayangnya, selama ini kita abai memanfaatkan cangkangnya.  Habis dipecahkan, lalu dengan santainya kita buang saja.  Padahal, ternyata cangkang telur bisa digunakan untuk banyak hal lainnya, misalnya:

  1. Masker wajah
    Hancurkan cangkang hingga menjadi bubuk.  Kemudian di dalam wadah, campurkan bersama putih telur.  Oleskan campuran ini ke kulit wajah dengan berlahan.  Kemudian biarkan hingga kering.  Lalu bilas wajah hingga bersih.

  2. Memperlancar saluran air yang tersumbat
    Tidak pakai ribet, kita cukup menghaluskan cangkang telur hingga menjadi bubuk, dan tambahkan sedikit cuka.  Lalu tuang ke dalam saluran yang tersumbat, dan biarkan selama satu malam.  Dijamin besok pagi, saluran air sudah tidak lagi tersumbat.

  3. Menghilangkan noda kopi
    Kita mungkin kesal melihat noda kopi kecoklatan pada wadah kopi milik kita.  Tetapi dengan menggunakan bubuk cangkang telur, baking soda dan sedikit jeruk nipis dapat membantu membersihkannya.  Bubuk cangkang akan membantu memecah noda.

  4. Mencegah hama tanaman
    Tidak disangka ternyata mampu mengusir hama siput dan cacing pada tanaman dari kerusakan fatal.  Caranya dengan menghancurkan cangkang yang telah dibersihkan, kemudian taburkan di sekitar tanaman.  Dijamin hama tidak akan kembali datang.

Selain beberapa manfaat diatas, cangkang kulit telur juga dapat digunakan sebagai wadah/ pot bibit tanaman.  Kemudian kita juga dapat menjadikannya sebagai wadah lilin, bahkan cetakan puding.  Penampilannya yang unik dapat menambah nilai estitika.

Nah, seru khan?  Ternyata, telur selain enak dimakan, cangkangnya pun dibuang sayang.

Jakarta, 2 Oktober 2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan