Mohon tunggu...
deswita lintang
deswita lintang Mohon Tunggu... Mahasiswa - 21107030025/ Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

be kind, so world will give u good things.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Untukmu Para Mahasiswa, Hindari Hal Ini agar Kamu Lulus Tepat Waktu!

6 Juni 2022   04:40 Diperbarui: 6 Juni 2022   07:31 204 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber: IGMTVnews.com

Bisa berada di bangku kuliah merupakan suatu hal yang tidak semua orang bisa rasakan. Lulus dengan nilai yang baik, memuaskan dan tepat waktu tentunya juga menjadi impian setiap mahasiswa. 

Menjadi seorang mahasiswa ataupun mahasiswi bukan suatu hal yang mudah untuk dijalani. Saat kita sudah memutuskan untuk mengambil langkah dan menempatkan diri untuk berada di bangku kuliah pada sebuah program studi di sebuah universitas itu artinya kita harus bisa konsisten dalam menjalankannya. Kegagalan dan kesuksesan pun kerap kali menjadi hal yang lekat dengan dunia perkuliahan. 

Saat kita sedang berada di sebuah studi, sudah seharusnya kita bisa yakin dan bersungguh- sungguh dalam menjalankannya. Dalam menghadapi dunia perkuliahan, mengalami tantangan dan masalah yang bisa dikategorikan sebagai penghambat kuliah juga tidak dapat dipungkiri dan sangat sering terjadi.

Namun apakah kamu tau kira- kira apa saja hal yang mungkin bisa membuat masa studi di perguruan tinggi kamu terganggu? Dan kira- kira bagaimana solusinya?

1. Malas

Satu kata ini pasti sudah sangat tidak asing bagi kita semua. Kata “malas” ini juga kerap kali menjadi hal yang lekat dengan diri kita. Menghindari rasa malas memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Kira- kira saat kita seorang mahasiswa atau mahasiswi merasa ini terus- terusan dan tidak ada hentinya, apa yang akan terjadi ya? Dampak buruk apa yang kemungkinan akan kita dapatkan dan rasakan?

  • Tugas menjadi menumpuk
  • Sering mengerjakan tugas mepet dengan deadline
  • Tidak mengerjakan tugas dengan maksimal
  • Mendapat nilai yang tidak memuaskan
  • Mengecewakan orang tua

Wah, ternyata dampak dari rasa malas benar- benar akan merugikan kita, loh! Apakah kamu mau mendapatkan hal- hal di atas? Pasti tidak mau kan? Dan apakah kamu salah satu di antara orang yang malas? Saat kamu sudah tau dampak negatif apa yang akan kamu dapatkan karena rasa malas ini, sebaiknya kamu hindari ya, dan bawalah dirimu ke arah hal- hal yang bersemangat. Untuk mengurangi rasa malas, kamu bisa memberikan waktu dirimu untuk me time terlebih dahulu. Namun ingat ya, jangan terlalu banyak memberi waktu untuk dirimu bersantai sehingga rasa malas tidak akan muncul lagi.

2. Terlalu Sibuk dengan Organisasi

Menjadi seorang aktivis kampus adalah hal yang sangat baik bagi seorang mahasiswa. Saat kita dapat terjun di dalam organisasi dengan baik, tentu akan banyak sekali dampak positif yang akan kita dapatkan. Namun hal yang sering terjadi adalah mahasiswa yang terlalu fokus dengan dunia organisasinya sehingga lup akan kewajiban utamanya sebagai mahasiswa. Kalau sudah begitu, apa dampak negatif yang kira- kira akan kita dapatkan?

  • Lupa dengan kewajiban seperti tugas
  • Sering tidak masuk kelas
  • Waktu belajar berkurang
  • Waktu lulus menjadi ngaret

Sebenarnya, dampak- dampak tersebut mungkin saja bisa kita rasakan kalau kita terlalu fokus dan sibuk dengan organisasi dan melalaikan kewajiban utama kita sebagai mahasiswa. Namuntenang saja, ada solusinya, kok.kamu bisa mengatur waktu dengan baik, membuat jadwal pribadi, dan tetap konsisten dengan tujuanmu. Kalau kamu menerapkan hal- hal tersebut, kamu akan bisa menyeimbangkan antara dunia perkuliahanmu dan dunia organisasimu. Setidaknya kamu tidak akan terlalu banyak merasakan dampak negatif yang dsebutkan di atas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan