Mohon tunggu...
Desi Wini Utami
Desi Wini Utami Mohon Tunggu... Mahasiswi Hukum Keluarga Islam UINSU

من جدّ وجد

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Pendidikan Islam Sejak Dini

15 Agustus 2020   21:29 Diperbarui: 15 Agustus 2020   23:03 33 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Pendidikan Islam Sejak Dini
Oleh: Nur Aisa Rambe (Peserta KKN-DR 93 UINSU),  Prodi. PAI, Fakultas. Tarbiyah & Keguruan, DPL. Fitriani Pramita Gurning, SKM, M.kes

Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, agama islam, di barengi dengan tuntunan untuk mengormati penganut agama lain dalam hubungannnya dengan kerukunan antar ummat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa.

Pendidikan itu memang bukan hanya pendidikan agama islam saja tapi, mengapa harus mengedapankan agama islam. karna untuk menghasilkan seorang pribadi yang baik, sopan, dan memiliki akhlak mulia semua itu harus di bekali dengan pendidikan agama islam.  Maka dari itu sangatlah penting menanamkan atau lebih mengedepankan pendidikan agama islam ketimbang pendidikan yang lain namun bukan berarti pendidikan yang lain harus di abaikan tetapi harus blance (seimbang) juga.


pendidikan islam harus di tanamkan sejak dini karena dari usia dini seorang anak sudah mengenal agama nya dan sudah beribadah kepada Allah, maka Insya Allah sampai ia dewasa dia akan melakukan ibadah kepada Allah tanpa paksaan dan pasti sudah dari dorongan hati sendiri untuk melakukan ibadah dan kebaikan tersebut. Orang tua memiliki kewajiban untuk memelihara keluarga dan anaknya dari siksa api neraga yaitu dengan mengajari ilmu agama dan mengajarkan agar menghindari perilaku yang buruk dan membiasakan hidup hemat atau sederhana agar kelak ia dewasa mktidak menjadi anak yang tergantung pada orang tua dan tidak berfoya-foya.


 Al-Gordhowi memberikan pengertian pendidikan islam adalah pendidikan seutuhnya, akal dan hatinya, rohani dan jasmaniyah, akhlak dan keterampilnnya. Karena itu, pendidikan islam menyiapkan manusia untuk hidup baik dalam keadaan dami dan perang, dan menyiapkan manusia untuk bisa memahami manis nya dan pahitnya dunia.


Pentingnya pendidikan agama islam yaitu: menanamkan apa itu agama islam pada anak sejak dini misalkan dengan selalu menceritakan hal-hal yang berkaitan dengan agama islam, memasukkan anak ke sekolah yang berbasis islami sejak usia dini yaitu dimulai dengan RA (Raudhatul Anfal) lalu setelah tamat kembali masukkan ke jenjang setara SD yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan setelah lulus baru masukkan ke pondok pesantren hingga selesai selama enam tahun atau setara dengan lulus SMA. Rasulullah telah memberikan tuntunan bagaimana cara dan mempersiapkan anak dan hal yang penting adalah keteladan dan pengkaderan individu dan pembentukan kepribadian secara alami.


Namun bukan berarti sekolah yang lain tidak bagus ya, namun jika ingin mengedepankan agama islam pada anak lebih tepatnya masukkan ke sekolah yang berbasis islami kenapa begitu karna di sekolah islami juga mengajarkan tentang ilmu yang lain juga, jadi bisa sangat tepat karna keseimbangan ilmu yang didapatkan sangat pas. Pendidikan agama islam adalah sebagai pondasi yang kokoh, sebagaimana Allah Swt berfirman

Yang artinya: Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam.


Sebagai ummat muslim kita wajib mengetahui pelajaran pendidikan agama islam dengan baik dan benar, supaya kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi pendidikan agama islam di dalam keluarga itu juga harus diberikan, seperti sholat berjamaah di rumah bersama keluarga, membuat forum diskusi tentang agama, suri tauladan orang tua mencontohkan tentang berbuat baik terhadap sesama dan juga mengajarkan toleransi beragama.

Di tengah-tengah berbagai macam masalah yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dan bangsa pada masa sekarang, perhatian kita kepada pendidikan islami dalam keluarga harus lebih di tingkatkan dan harus lebih di kuatkan. Karna orang-orang yang berhimpun dalam keluarga yang baik dan keluarga yang taat beragama pasti  sangat berperan penting untuk mengarungi hidupnya. Peran kedua orang tua dalam pendidikan agama ini sangat senteral atau penting karna bergantung pada mereka berdualah agama dan krakteristik anak-anak akan terbentuk.


Berarti dapat disimpulkan bahwa pendidikan agam islam yang kita terima sejak dini, saat bersekolah dan pada kehidupan sehari-hari merupakan suatu kesatuan dan saling mempengaruhi satu sama yang lainnya. Setelah semua pase itu di lalui maka kita sudah tau bagaimana pentingnya pendidkan agama islam. Maka dapat membentuk sikap dn keterampilan beserta dalam mengamalkan ajaran agama yang sekurang-kurang nya diterima pada saat melalui pelajaran pada semua jenjang tersebut. Dan juga kita sudah tau kewajiban kita sebagai ummat muslim di dunia dan nantinya di akhir.

VIDEO PILIHAN