Mohon tunggu...
Desita Wulandani
Desita Wulandani Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, UNNES

Hobi membaca buku dan traveling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Media Pembelajaran Interaktif: Game Ular Tangga Matematika pada Materi Operasi Hitung di SD Negeri 1 Ketanggi

18 Oktober 2025   12:30 Diperbarui: 18 Oktober 2025   11:51 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media Pembelajaran Interaktif Ular Tangga Matematika di SD Negeri 1 Ketanggi (Sumber: Data Primer Peneliti, 16 Oktober 2025)

Implementasi bahan ajar berjudul "Game Ular Tangga Matematika" pada kelas IV SD Negeri Ketinggian 01 menjadi salah satu pengalaman bermakna dalam kegiatan UNNES GIAT 13. Media Pembelajaran Interaktif ini dibuat oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang dari Program Studi Pendidikan Matematika (S1), yaitu Anggun Filisia Acuna.

Dalam upaya meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap pelajaran Matematika, guru SD Negeri Ketanggi 01 mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa game "Ular Tangga Matematika". Media ini diterapkan pada pembelajaran materi operasi hitung bilangan, yang sering dianggap sulit oleh sebagian siswa.

Game edukatif ini dirancang dengan tampilan menarik dan aturan permainan yang sederhana. Setiap petak dalam papan ular tangga berisi soal-soal penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Permainan dilakukan secara berkelompok dan bergantian dalam melempar Dadu, Jika pion mendarat pada petak soal maka siswa yang melempar Dadu harus menjawab soal terlebih dahulu sebelum berganti pemain.

Melalui permainan ini, suasana belajar menjadi lebih aktif, menyenangkan, dan kompetitif secara positif. Siswa terlihat antusias menjawab soal, bekerja sama, dan berlomba untuk mencapai garis akhir. Praktikan juga berperan sebagai fasilitator yang memberikan bimbingan dan umpan balik secara langsung.

Inovasi ini merupakan bagian dari upaya Praktikan dalam menerapkan pembelajaran kreatif berbasis permainan (game-based learning agar siswa tidak hanya memahami konsep operasi hitung, tetapi juga menumbuhkan semangat belajar Matematika dengan cara yang menyenangkan. Dengan adanya media "Ular Tangga Matematika" ini, diharapkan siswa dapat belajar sambil bermain, memahami konsep dasar operasi hitung dengan lebih baik, serta mengembangkan kemampuan berpikir logis dan kerja sama dalam kelompok.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun