Mohon tunggu...
Desy Hani
Desy Hani Mohon Tunggu... Lainnya - Hi happy reading

Practice makes perfect

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Mengenal "Positive Self-Talk", Sebuah Seni Berdialog pada Diri Sendiri

9 September 2021   12:54 Diperbarui: 10 September 2021   01:00 483 60 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal "Positive Self-Talk", Sebuah Seni Berdialog pada Diri Sendiri
Ilustrasi positive self-talk yang sedang dilakukan oleh seorang perempuan | sumber:istockphoto

Positive self-talk, bagian dari seni untuk berdialog dengan diri sendiri, di mana aura positif mampu tercipta di dalam pikiran serta hidup yang dijalani. Adakah manfaat yang didapatkan dari kegiatan self-talk ini?

Dialog, satu kata yang berkaitan dengan pembicaraan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih agar bisa memperoleh feedback dari apa yang telah dibicarakan tersebut.

Namun, pernahkah kamu berdialog dengan diri sendiri terkait pikiran yang sedang kamu rasakan? Misalnya, tentang suasana hati yang sedang berputar-putar menghiasi pikiranmu, misalnya. 

Berbicara dengan diri sendiri itu banyak versinya, salah satunya dengan berdialog dalam pikiran yang jernih ke arah yang lebih positif. 

Melakukan perbincangan dengan diri sendiri pada umumnya bisa dilakukan kapan saja, dan di mana saja.

Sederhananya, ketika kamu sedang berdiri di hadapan sebuah cermin yang menunjukkan dirimu secara utuh, dan di saat itulah kamu sendiri sedang memandangi wajah serta penampilanmu.

Sesaat memandangi pantulan sendiri wujud dirimu, terkadang, kamu sering melontarkan sebuah kalimat yang "seakan-akan" mengajak dirimu sendiri untuk berdialog. Pernahkah hal tersebut kamu rasakan?

Ketika itu, kamu akan mengikuti sebuah ajang perlombaan putra-putri terbaik yang ada di kampusmu. 

Sambil tetap terdiam memandangi diri dihadapan cermin, "optimis... pasti bisa melewati perlombaan, kalah dan menang itu biasa, yang penting sudah menunjukkan hasil terbaik, semangat..."

Dari ilustrasi di atas, secara spontanitas kamu telah mengajak dirimu sendiri untuk berdialog ke arah yang lebih positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan