Mohon tunggu...
Dere Linggau
Dere Linggau Mohon Tunggu... Kita itu bersaudara, jika bukan saudara seiman, kita saudara setanah air, Jika tidak setidaknya kita mempunyai hobi yang sama

Hobi nulis, masak, nonton, makan dan nungguin kamu datang kerumah...

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Karakter sih Bawang Merah

14 Oktober 2020   11:40 Diperbarui: 14 Oktober 2020   14:16 25 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Karakter sih Bawang Merah
Sumber; dailysia.com

Siapa sih yang tidak tahu dengan sinetron yang tayang setiap hari dengan durasi dua jam bahkan terkadang lebih lama dari itu, diawal-awal tayang full cerita tanpa jeda iklan dan ceritanya pun tidak aneh dan selalu menyambung dari satu episode ke episode lainnya (ketika saya melihat siapa yang menjadi penulis skenario ternyata sinetron ini ditulis oleh tim yang artinya berjumlah lebih dari satu orang)

Dan sekarang, jika boleh meminjam kalimat orang Palembang yang sudah malas untuk menjelaskan sesuatu karena sudah capek maka saya pun akan memakai kalimat itu

Tau lah dewek

Namanya juga sinetron apalagi setelah viral dan banyak penontonnya maka cerita-cerita yang terkadang diluar nalar pun akan menjadi masuk akal (seperti orang yang sudah mati bisa hidup lagi)

Tapi tulisan ini bukan untuk mengkritik tentang sinetron tersebut, disini saya ingin mengulik tentang salah satu karakter di sinetron tersebut karena beberapa hari lalu ada peringatan tentang kesehatan mental

Di sinetron ini ada dua karakter yang berlawanan yaitu sih bawang putih yang sangat baik yang baiknya sangat tak wajar dan kelewatan (menurut saya karena didunia saya tidak ada yang baiknya seperti itu)

Dan sih bawang merah sang antagonis yang jahatnya kelewatan dan lagi di dunia saya tidak ada orang seperti itu, jika pun ada maka sudah lama kena azab)

Oke disini kita akan membahas tentang karakter sih bawang merah yaitu sih Eliza yang melakukan operasi plastik menukar wajahnya dengan sih bawang putih yaitu Anna

Eliza adalah contoh seseorang yang ansos (anti sosial), Eliza merupakan artis yang kurang terkenal berasal dari keluarga biasa-biasa saja (menengah kebawah)

El (panggilan yang sering dipanggil keluarganya)  adalah wanita yang suka sekali dengan uang baginya uang adalah segala-galanya dan juga kurang memiliki rasa empati terhadap orang lain termasuk dengan ibunya sendiri.

Ini adalah ciri-ciri orang memiliki gangguan kepribadian anti sosial atau anti social personality disorder (ASPD)

Sumber; atrapamente.com
Sumber; atrapamente.com
Gangguan kepribadian anti sosial merupakan gangguan mental dimana seseorang secara konsisten berprilaku tanpa memperdulikan benar dan salah serta m ngabaikan hak dan perasaan orang lain.

Mereka juga tidak merasa bersalah atau menyesal atas perilakunya.

Penonton setia yang mengikuti sinetron ini pasti tahu bagaimana dengan mudahnya Eliza menghancurkan orang lain yang menjadi penghalangnya dan tidak segan-segan menghilangkan nyawa orang tersebut (jika tidak salah hitung sudah lima atau enam orang yang sudah dibunuh Eliza dan yang terakhir adalah nenek kandung saudara tirinya yaitu Ana sih bawang putih)

Gejala umum gangguan kepribadian ini ialah cenderung memusuhi orang lain, suka memanipulasi, memperlakukan orang lain dengan kasar, suka berbohong, berprilaku kasar atau impulsif dan tidak dapat merencanakan masa depan

Nah coba cek diri kamu apakah ada gejalah diatas yang kamu alami atau jika kurang yakin, bisa dicek lagi dengan gejala umum lainnya yaitu :
1. Tidak bisa memenuhi tanggung jawab dalam keluarga, pekerjaan dan sekolah
2. Bertindak arogan dan keras kepala
3. Memiliki masalah berulang dengan hukum termasuk kriminal
4. Berulang kali melanggar hak orang lain dengan cara intimidasi, tidak jujur, dan merugikan orang lain
5. Tidak pernah menyesal ketika berbuat salah

Bagaimana, apakah gejala diatas ada pada kamu? Jika ada segeralah berubah/bertaubat

Memang sih perubahan itu tidak bisa cepat dan membutuhkan proses, selain itu perlu dukungan dari lingkungan dari pera  keluarga dekat

Lalu bagaimana caranya???

1. Jangan lupa makan dan minum
Banyak orang ketika mengalami tekanan atau stres, mereka lupa untuk makan dan minum. Entah itu karena sibuk dengan tugas kuliah, pekerjaan, atau hal lainnya.

2. Beri dirimu waktu beristirahat
Kamu hanya manusia. Memang manusia harus produktif saat bekerja, namun kita juga butuh istirahat agar bisa terus produktif ketika bekerja. Luangkan waktu untuk dirimu beristirahat.

3. Yuk, ngobrol dulu!
Kesannya mengobrol itu hal sepele, tapi tanpanya kita bisa menjadi rentan untuk merasa kesepian dan depresi. Belum lagi jika kamu mempunyai masalah overthinking yang akut.

4. Utarakan perasaan kamu
Hidup itu cepat dan pendek. Daripada menumpuk perasaan yang membebani kamu, yuk belajar mengutarakannya dengan cara yang tidak merugikan orang lain.

5. Olahraga
Olahraga mengeluarkan zat kimia di otakmu yang membuat kamu merasa lebih baik. Jika rutin dilakukan, olahraga juga bisa menambah kepercayaan diri, konsentrasi, dan tidur yang lebih nyenyak.

6. Terima diri dan kondisi
Dengan belajar menerima, kamu mengatakan bahwa hal buruk mungkin terjadi dalam hidup dan itu adalah hal yang tidak apa-apa. Mengalami kejatuhan juga bagian dari hidup. Namun, setelah badai berlalu, matahari pun akan kembali bersinar.

Initi dari semua persoalan ini adalah kurangnya penerimaan dari keadaan yang tidak sesuai dengan keinginan, karena itu terimalah semua baik buruknya badai-badai dalam hidup kamu, bukan kah jika percaya dengan takdir baik dan buruk merupakan salah satu iman kita (muslim) kepada Allah SWT.

Sumber artikel di sini

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x