Mohon tunggu...
Depi Pujiawati
Depi Pujiawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Stei bina muda bandung

Belajar

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Atap Jawa Tengah, Gunung Slamet

20 September 2021   19:09 Diperbarui: 20 September 2021   19:32 641 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Gunung Slamet memiliki ketinggian 3.428 Mdpl gunung slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dan menempati urutan ke-2 gunung tertinggi di Jawa setalah Gunung Semeru yang memiliki ketinggian mencapai 3.676 Mdpl. 

Gunung Slamet  berada di antara 5 kabupaten di Provinisi Jawa tengah, yaitu Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal dan Pemalang.

Gunung ini termasuk gunung berapi yang masih aktif dengan jalur pendakian yang cukup sulit.  Namun, Gunung Slamet termasuk salah satu destinasi pendakian yang cukup populer di kalangan para pendaki. Pastilah buat temen-temen yang suka mendaki kalian tau gunung ini. 

Banyak pendaki yang bilang bahwa jalur pendakian menuju ke puncak Gunung Slamet cukup sulit.  Selain medan yang cenderung terjal, kemunculan kabut yang cukup tebal menjadi kendala yang menghambat aktifitas pendakian.

Ada beberapa jalur pendakian yang bisa digunakan untuk mencapai ke puncak Gunung Slamet, yaitu:
*Jalur Bambangan
*Jalur Baturaden
*Jalur Gambuhan
*Jalur Jurangmangu
*Jalur Gunungsari
*Jalur Dhipajaya
*Jalur Guci

Walaupun ada banyak jalur alternatif yang bisa digunakan untuk mencapai puncak Gunung Slamet, tetapi yang paling populer adalah jalur Bambangan.

Di jalur bambangan ini para pendaki akan melewati 9 pos dari awal pendakian sampai ke puncak gunung.  Dari basecamp menuju ke Pos 1 jalur yang dilewati masih berupa jalan beraspal dengan view ladang perkebunan milik warga setempat.

Setelah 15 menit perjalanan para pendaki akan memasuki kawasan hutan dengan medan yang landai namun kemudian menanjak dengan kemiringan hingga 60 derajat.

Butuh waktu sekitar 2 jam untuk tiba di Pos 1.  Di pos ini kebanyakan para pendaki beristirahat dan membeli beberapa jenis makanan yang banyak dijual di lokasi ini.

Dari Pos 1 menuju ke Pos 2 membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam dengan jalur yang cukup licin terutama di musim hujan. Sementara trek pendakian menuju ke Pos 3 terlihat mulai menyempit dengan jalur perairan yang mengering.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan