Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Danau Toba: Maha Karya Tuhan di Sumatera Utara yang Patut Dikunjungi Meski Sekali Seumur Hidup

18 September 2021   14:10 Diperbarui: 18 September 2021   14:16 402 14 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Picture by Indonesia Travel

"Sekali seumur hidup cobalah berkayak di Danau Toba. Maka kau akan sadar, bahwa itu bukan seperti di danau. Melainkan di lautan. Danau rasa lautan."

Ungkapan yang menggelitik hati para petualang dan pejalan. Tak terkecuali saya.

Dilandasi rasa penasaran, akhirnya saya berselancar mencari tahu kebenarannya. Selama ini saya tahunya Danau Toba adalah obyek wisata di daerah Sumatera Utara yang di tengahnya ada pulau bernama Pulau Samosir. 

Seperti apa dan bagaimana Danau Toba sesungguhnya, saya tidak terlalu paham. Namun begitu mengetahuinya. Wow, saya tak bisa menutupi kekaguman akan keindahan dan keunikan yang tersaji di Danau Toba. Secuil surga yang Tuhan hadirkan di daerah Sumatera Utara.

Danau Toba merupakan salah satu Wonderful Indonesia. Dengan luas sekitar 1.145 kilometer persegi dan kedalaman danau yang mencapai 450 meter, Danau Toba menjadi danau terbesar di Asia Tenggara dan danau Vulkanik terbesar di dunia.

Keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh Danau Toba, menjadikan danau tersebut sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) alias DSP Toba dari lima DSP yang dicanangkan oleh pemerintah. Yakni Borobudur, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo dan Likupang.

Tak hanya itu saja, lokasi sekitar Danau Toba  bisa dijadikan destinasi Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE). Apalagi ditunjang dengan fasilitas hotel berbintang yang ada di sana. Semakin mempermudah mereka yang ingin mengadakan pertemuan dalam jumlah banyak. Jadi, MICE di Indonesia Aja.

Wah, saya semakin penasaran untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah Danau Toba. Betapa terpananya diri ini saat mengetahui awal mula terciptanya Danau Toba. Sungguh, sebuah keajaiban alam yang luar biasa menakjubkan.

Tidak salah jika UNESCO tahun 2020 lalu menetapkan Danau Toba sebagai bagian dari UNESCO Global Geopak atau Taman Bumi Warisan Dunia. Yang artinya  Danau Toba tidak hanya kebanggaan Indonesia tapi juga kebanggaan dunia.

Sejarah Awal Mula Terbentuknya Danau Toba

Dilansir dari situs kemenparekraf, Danau Toba terbentuk dari letusan dahsyat sebuah gunung api, Gunung Toba, yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan