Mohon tunggu...
Denia Silvia
Denia Silvia Mohon Tunggu... https://sensicare.co.id/eksim/

BootUP adalah sekolah coding terbesar di Indonesia dan di dunia. Memberikan pelatihan bagi perusahaan maupun individu untuk belajar coding, data science, artificial intelligence, serta machine learning. Pelajari lebih lanjut disini: https://bootup.ai/

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

5 Gejala Kanker Usus yang Harus Kamu Waspadai

22 Agustus 2019   16:28 Diperbarui: 12 September 2019   17:55 0 1 1 Mohon Tunggu...
5 Gejala Kanker Usus yang Harus Kamu Waspadai
5 Gejala Kanker Usus Yang Harus diwaspadai | pxhere.com

Banyak orang sering mengaitkan kebiasaan makan mie instan dengan penyakit penyakit serius seperti kanker usus. Benarkah demikian?

Faktanya mie instan dan makanan-makanan tak sehat lain memang bisa menyebabkan kanker usus. Gejala kanker usus seperti sering merasa tak nyaman di bagian perut memang sering menjadi keluhan para penggemar mie instan.

Kanker usus sendiri disebabkan tumbuhnya tumor ganas di bagian usus. Selain itu kanker di salah satu organ vital pencernaan ini bisa pula disebabkan karena beberapa sel yang melingkupinya bersifat abnormal.

Sebagaimana kanker lainnya, tingkat keparahan kanker usus dibagi ke dalam 4 stadium. Gejala kanker usus bisa tampak sejak masih stadium awal. Semakin dini penyakit terdeteksi, maka semakin besar pula kesembuhan sembuhnya.

Berikut adalah gejala kanker usus yang harus Anda waspadai:

Gejala Kanker Usus 1: Kram Perut 

Adanya tumor di area usus pada tahap tertentu akan menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit tersebut dirasakan penderita dalam bentuk kram perut. Penderita kanker usus akan merasakan kram perut dengan intensitas yang cukup sering. Anda yang merasa punya gejala seperti ini harus waspada.

Gejala Kanker Usus 2: Diare atau Sembelit 

Gangguan pada usus, terutama jika tumor tumbuh di sekitar usus besar, akan menyebabkan gangguan pada BAB. Penderita mungkin akan menderita sembelit parah, atau sebaliknya malah menderita diare.

Sembelit adalah kondisi di mana seseorang buang air besar kurang dalam 3 kali dalam seminggu. Sementara diare menyebabkan seseorang buang air besar hingga lebih dari 3 kali dalam sehari. Baik sembelit maupun diare pada penderita kanker terjadi dalam jangka waktu yang lama dan cukup parah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x