Mohon tunggu...
Deni Ahmad Sadikin
Deni Ahmad Sadikin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Seorang Mahasiswa yang sedang belajar banyak hal.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

KKN Tematik UPI 2022: Edukasi tentang Kebersihan dan Pemanfaatan Sampah kepada Anak-anak

10 Agustus 2022   00:40 Diperbarui: 10 Agustus 2022   22:17 235 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan edukasi tentang kebersihan kepada anak-anak madrasah RW 18 Desa Bojongloa (dok. pribadi)

Bandung - Berbicara mengenai perguruan tinggi, tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya Tri Dharma Perguruan Tinggi yang di dalamnya mencakup mengenai Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Salah satu sarana untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah dengan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Pada semester genap tahun akademik 2021/2022, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan KKN tematik dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa dan MBKM”. Tema ini diambil berdasarkan konsep pembangunan berkelanjutan atau lebih dikenal dengan Sustainable Develpoment Goals (SDG’S) global yang telah dicetuskan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2015.

Program KKN tematik ini dilaksanakan mulai dari tanggal 11 Juli 2022 – 10 Agustus 2022. Dimana, setiap mahasiswa akan dibagi ke dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok trsebut diberi tema yang berbeda satu sama lain merujuk pada program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa.

Untuk kelompok KKN 105 UPI sendiri mendapatkan tema mengenai “Konsumsi dan Produksi Desa” yang didalamnya terdapat empat poin utama yang dapat dilakukan oleh mahasiswa, diantaranya adalah:

  • Penanggulangan sampah di perkotaan/tersedia unit pengolah sampah.
  • Mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan terhadap bumi melalui pola produksi dan konsumsi masyarakat.
  • Mengubah cara memproduksi dan mengkonsumsi makanan dan sumber daya masyarakat kota.
  • Tersedia Perdes/SK Kades tentang kegiatan usaha yang tidak menimbulkan pencemaran dan pengelolaan limbah serta sampah rumah tangga.

Merujuk kepada empat poin tersebut, kelompok KKN 105 UPI merancang beberapa program kerja dan salah satunya adalah dengan membuat program tentang pemberian edukasi mengenai kebersihan dan pemanfaatan sampah kepada anak-anak.

Sasaran pada program ini merupakan anak-anak madrasah yang berada di kawasan RW 18 Desa Bojongloa, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Program ini dibuat karena kebersihan merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh manusia. Dengan hidup bersih, manusia dapat terhindar dari berbagai macam virus dan penyakit. Selain itu, menjaga kebersihan baik kebersihan badan maupun kebersihan lingkungan juga dapat membawa banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari.  Hal tersebut menjadi landasan bagi kelompok KKN 105 UPI untuk melakukan kegiatan edukasi tentang pentingnya hidup bersih dan sehat kepada anak-anak madrasah RW 18 Desa Bojongloa.

Kegiatan edukasi ini dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Juli 2022 bertempat di Masjid Istiqomah RW 18 Desa Bojongloa, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini dimulai dengan memperkenalkan salah satu hadis tentang kebersihan kepada anak-anak madrasah yaitu:

الطُّهُوْرُ شَطْرُ اْلإِيْمَانِ

“Ath-Thuhuuru Syatrul Imaan”

Artinya : Kebersihan adalah sebagian dari iman (H.R Muslim).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan