Mohon tunggu...
Warindea mutmaina
Warindea mutmaina Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

halo semua

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kimia dalam Perpektif Islam

29 November 2021   19:03 Diperbarui: 29 November 2021   19:10 84 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kehadiran Islam dalam umat Islam membebaskan jaman kebodohan dan kendali taklid buta di mana selalu dibatasi oleh kepercayaan yang tidak benar dan merusak akhlak manusia bisa mendidik sehingga manusia mampu untuk berpikir dan berkehendak secara bebas. akal manusia menjadi lebih sempurna dapat berpikir dengan benar dan memiliki kepribadian serta Nurani kemanusiaan yang lengkap.

Islam memberikan konsepsi yang lengkap dan sempurna pada aspek kehidupan manusia tujuan penciptaan manusia dapat melakukan segala sesuatu dengan hakikat penciptaan kita. kita dituntun untuk menghayati setiap langkah dan nafas kita untuk beribadah hanya kepada Allah. Hal ini susah dicapai jika manusia miskin ilmu dan tidak mau berfikir sehingga panggilan untuk berfikir menjadi sangat penting untuk kita lakukan.

Peradaban Islam menghasilkan umat Islam paling unggul Ketika bangsa Eropa mengalami zaman yang gelap pada masa itu lahirlah tokoh-tokoh pemikir ilmuwan senantiasa berkolaborasi dengan zaman sehingga ia tidak pernah berhenti meningkatkan martabat dan kesejahteraan manusia.

Ilmu kimia merupakan ilmu yang banyak dikembangkan dan diwariskan para ilmuwan muslim pada abad keemasan Islam bahkan saat ini kimia dan industri kimia yang ditemukan di masa itu masih menjadi sumbangan bagi peradaban modern. para ilmuwan masa kini mengakui bahwa dasar ilmu kimia modern telah dibangun oleh kimiawan. Pada masa itu karena banyak dan besar penemuan kimia fenomenal di masa itu, dunia akhirnya menobatkan seorang ilmuwan kimia bernama Jabir Ibnu hayyan sebagai Bapak kimia modern.

Kimiawan muslim lah yang mendirikan fondasi ilmu kimia modern dan seluruh konsep dalam kimia diciptakan oleh peradaban Islam ilmu kimia telah ada pada masa Yunani namun Yunani melahirkan hipotesis yang samar-samar dalam bidang kimia. sedangkan peradaban Islam memperkenalkan metode observasi dengan tepat dan dengan catatan detail teliti dan konsep yang mendalam. hal ini membuat peradaban Islam sebagai peradaban yang telah memperbarui ilmu kimia menjadi ilmu yang nyata kemanfaatannya untuk manusia melalui industri kimia.

Para kimiawan telah mengubah teori kimia menjadi sebuah industri yang sangat memajukan Eropa kemunculan konsep industri berbasis ilmu kimia menjadi catatan penting bagi peradaban dunia. revolusi sains yang digelorakan itu berhasil menciptakan berbagai produk kimia penting sebagai bahan dasar seperti alkohol, nitrat dan berbagai teknik pemurnian seperti sublimasi, kristalisasi dan destilasi. setiap ilmuwan memberikan sumbangan penemuan dan teknologi yang berbeda yang saling menyokong satu sama yang lain.

Sama halnya dengan agama dan praktek ibadah kepada Allah yang harus kita lakukan setiap saat. ilmu kimia juga merupakan ilmu yang dapat kita rasakan setiap saat melalui ilmu kimia kita dapat mengetahui bagaimana jenisnya enzim di kelenjar pineal yang dapat mengatur siklus tidur dan bangun. maka tidak heran banyak ilmuwan kimia berpendapat "life is chemistry".

Luasnya ilmu kimia yang meliputi segala aspek kehidupan membawa ilmu kimia menjadi landasan bagi berbagai disiplin ilmu seperti biologi kedokteran dan farmasi. Ilmu kimia sendiri dibagi menjadi berbagai bidang studi beberapa diantaranya yaitu kimia organik, anorganik, Kimia Fisika, analitik, lingkungan dan komputasi. Pada dasarnya semua bidang studi ini memiliki peranan yang sama penting untuk menghayati peristiwa atau ayat Allah yang ada di alam. Manfaat pelajaran dan hikmah dari nya untuk kemakmuran dan kesejahteraan manusia karena manfaat pelajaran bukan hanya mengerti tapi juga dapat memanfaatkan untuk kemaslahatan umat membawa kimia rahmatan lil alamin dengan menjadi pribadi kimiawan yang bermanfaat.

Salah satu cabang kimia organik yaitu sintesis bahan obat sintesis obat.  merupakan salah satu cabang ilmu kimia yang banyak menjadi perhatian peneliti berbagai penyakit merupakan masalah tersendiri di era modern ini. salah satu penyebabnya adalah pola hidup yang kurang sehat.  contoh aplikasi dari kimia organik sintesis mengubah gugus vanilin menjadi senyawa yang sangat potensial sebagai obat. sebagai khalifah di bumi manusia memiliki dua peranan penting yang diamanahkan dan harus dilaksanakan hingga hari kiamat. peranan pertama yaitu memakmurkan bumi yang kedua memelihara bumi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan