Mohon tunggu...
Dedy Eka Priyanto Ph.D
Dedy Eka Priyanto Ph.D Mohon Tunggu... Konsultan

Bekerja sebagai konsultan di salah satu big 4 accounting firm dan saat ini tinggal di Tokyo. Senang berbagi pengalaman lewat tulisan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Update Terbaru Covid-19 di Jepang (31 Maret)

31 Maret 2020   05:47 Diperbarui: 31 Maret 2020   05:45 176 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Update Terbaru Covid-19 di Jepang (31 Maret)
Ventilator dibuat menggunakan teknologi 3D (sumber asahi.com)

1. Konferensi Press Gubernur Tokyo
Kemarin malam (30), Gubernur Tokyo bersama tim penanggulangan kluster kementerian tenaga kerja, mendadak menyelenggarakan konferensi press. Point yang disampaikan sbb :

Hasil analisis tim penanggulangan kluster,  menemukan bahwa pasien yang sebelumnya tidak diketahui rute penularannya, kebanyakan terjadi di bar, izakaya yang beroperasi tengah malam hingga dini hari.

Untuk itu, Gubernur mengingatkan kembali pentingnya menjauhi tempat yang tertutup, padat orang dan berbicara dalam jarak dekat seperti izakaya.

Gubernur juga meminta anak-anak muda untuk menghindari live house, karaoke, sedangkan yang senior diminta untuk tidak ke bar, izakaya, night club.

Dalam menangani pasien covid-19 di Tokyo, pemerintah sudah menyiapkan 500 hospital bed di RS khusus infeksi. Kedepan bekerjasama dengan Ikatan Dokter Tokyo termasuk RS swasta/umum, ditargetkan total 4000 hospital bed akan tersedia.

Jumlah pasien di Tokyo saat ini tidak dalam kondisi over shoot atau kenaikan drastis.

Pasien baru positif covid-19 di Tokyo hari ini berjumlah 13 orang, jauh lebih sedikit dibanding kemarin (68 orang). Pasien baru dari kluster infeksi yang terjadi di RS umum Eiji dilaporkan tidak ada. Walaupun turun drastis, pemerintah meminta warga Tokyo untuk terus waspada.

2. Ventilator tanpa listrik

Seiring dengan kenaikan drastis pasien covid-19, negara yang mengalami overshoot, seperti AS, Eropa kekurangan pasokan jumlah ventilator.

Ventilator adalah alat yang diperlukan untuk mensupply oksigen ke tubuh pasien. Umumnya pasien covid dengan gejala berat akan mengalami sulit bernapas, sehingga memerlukan bantuan ventilator untuk bernapas.

Pemerintah Jepang sendiri sudah mengamankan 4000 ventilator dan meminta produsen lokal untuk meningkatkan produksinya.

Ditengah keterbatasan jumlah ventilator, tim peneliti dari Universitas Hiroshima menggratiskan data gambar 3d ventilator yang bisa dibuat dengan teknologi 3D printer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x