Mohon tunggu...
Dede Yuspan
Dede Yuspan Mohon Tunggu... Sales - Petani Desa

Mengurus sayuran dengan metode hidroponik, budi daya ikan air tawar, kolam tanah juga beton, bioflok juga.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menuntut Ilmu Ke Mesir! Ini Tipsnya

22 Mei 2022   21:55 Diperbarui: 23 Mei 2022   00:47 113 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Masjid Husein/ dok foto HP pri

Tutur Nurma, seorang pelajar di Mesir asal Indonesia, lewat pesan singkat yang dikirim kepadaku tengah malam, mungkin kalau di Mesir siang.

Di Indonesia sendiri yang mayoritas penduduknya beragama Muslim, Mesir menjadi salah satu negara yang paling diminati bagi para calon mahasiswa yang ingin berkuliah di negeri piramida itu.

Memang, bagi sebagian orang mengemban Pendidikan di luar negeri adalah salah satu hal yang paling diimpikan, namun kebanyakan mereka datang dari orang-orang cerdas, juga orang berada, karena memang kehidupan di sana sangat berbeda dengan di Indonesia. Tapi tenang, kalau kamu punya tekad yang kuat dan kerja keras, Inshaallah selalu ada jalan.

Nah, kalau sobat punya mimpi ingin berkuliah di luar negeri, bisa juga lewat jalur beasiswa ni, yang mana seluruh biyaya di sana akan ditanggung, mulai dari keberangkatan, makan, pokonya semuanya. Namun, saingannya juga cukup sulit sobat. Ada hal-hal yang sobat perlu perhatikan biar beasiswa jatuh ke tangan sobat, di antaranya;

  • Cari Info

Selalu ngecek info tentang beasiswa, untuk ke Mesir sendiri, kementrian agama RI (kemenag) setiap tahunnya selalu membuka kouta beasiswa, sebanyak 20 orang. Dan selain kemenag tentu masih banyak lagi, cari info terus. 

  • Bahasa

Yap, rajin belajar Bahasa asing, kalau ke Mesir ya sobat harus perbanyak belajar Bahasa Arab tentunya. Tidak perlu kursus mahal-mahal, sekarang banyak dari internet yang gratis ko.

  • Siapkan portofolio

Sobat juga harus melengkapi berkas, atau surat rekom, dibuat serapi mungkin, sepresentatif mungkin. 

  • Belajar motivation latter

Maksudnya di sini, sobat harus membuat essay yang menarik dan menunjukan bahwa sobat memang layak mendapatkan beasiswa tersebut. Seperti "saya ingin kuliah, karena saya suka budayanya" dan semacamnya, sobat bisa bertanya dari orang-orang yang sudah berpengalaman. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan