Mohon tunggu...
Dede siti Nurkhadijah
Dede siti Nurkhadijah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo, perkenalkan nama saya Dede Siti Nurkhadijah, saya lahir pada tanggal 10 Nopember 2001, saya besar di Cicangkanggirang Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, jawa Barat Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Manajemen Pelayananan Puskesmas Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Puskesmas Sindangkerta

18 Mei 2024   02:06 Diperbarui: 18 Mei 2024   02:10 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

1. Pengertian Analisis
Analisis adalah suatu perbuatan untuk memahami secara cermat suatu objek hingga mengetahui keadaan yang sebenarnya daryanto (2008:40), analisis adalah penyelidikan atau penguraian terhadap suatu masalah untuk mengetahui keadaaan yang sebenar benarnya, proses pemecahan masalah yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.

2. Pengertian Manajemen 

Menurut Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi sebelum mencapai suatu tujuan, yang melibatkan orang lain agar tujuan berjalan secara efektif dan efisien.

3. Fungsi Manajemen 

Menurut Terry (1992) ada empat fungsi manajemen yang banyak dikenal masyarakat yaitu fungsi perencanaan (planning), fungsi perorganisasian (organizing), fungsi pengarahan (actuating), dan fungsi pengendalian (controlling).

4. Kualitas Pelayanan 


Menurut Tjiptono (2011) menyatakan bahwa pelayanan merupakan proses yang terdiri atas serangkaian aktivitas intangible (tidak berwujud) yang biasa (namun tidak harus selalu) terjadi pada interaksi antara konsumen dengan karyawan jasa, sumber daya fisik, barang, atau sistem penyedia jasa yang disediakan sebagai solusi atas masalah konsumen. Konsep kualitas layanan pada dasarnya adalah suatu standar kualitas yang harus dipahami dalam memberikan pelayanan yang sebenarnya tentang pemasaran dengan kualitas layanan. Hal tersebut bukan hanya bersifat cerita atau sesuatu yang bersifat mengada-ngada.

5. Pelayanan Publik 

Pelayanan publik atau pelayanan umum dapat didefinisikan sebagai segala bentuk kegiatan pelayanan umum yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah di pusat, di daerah, dan lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam bentuk barang dan jasa baik dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan perundang-undangan. Hakekat Pelayanan Publik antara lain:

a. Meningkatkan mutu dan produktivitas pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintah di bidang pelayanan publik.

b. Mendorong upaya mengefektifkan sistem dan tata laksana pelayanan, sehingga pelayanan publik dapat diselenggarakan lebih berdaya guna dan berhasil guna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun