Mohon tunggu...
R. Deden A.K.Y.G.B.K.S
R. Deden A.K.Y.G.B.K.S Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pemerhati Politik Lokal, Tokoh Nasionalis Kebumen, Peneliti Politik

Membidangi Politik Desentralisasi, Komisi Negara dan Demokrasi, Kebijakan Publik, Manajemen Partai Politik dan Tata Kelola Pemilu

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Warga RT 02 RW 03 Kaligending Sulap Barang Bekas Jadi Pernak-Pernik Hari Kemerdekaan

7 Agustus 2022   10:30 Diperbarui: 7 Agustus 2022   10:37 245 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Dalam Rangka Memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77, warga RT 02 RW 03 Desa Kaligending Kecamatan Karangsambung, Kebumen berhasil sulap barang-barang tak terpakai menjadi hiasan kemerdekaan.Beberapa pernak-pernik kemerdekaan seperti Gapura, Bunga-Bunga, Patok Merah Putih, Bendera, Umbul-Umbul nampak indah di komplek masuk dan sepanjang jalan RT 02 RW 03 Desa Kaligending.

Keunikan bisa dilihat di sepanjang gapura masuk dan atas jalan menuju Komplek RT 02 RW 03. Pasalnya Gapuranya berbeda dengan Wilayah lain, gapura yang biasanya di buat dengan kombinasi atap daun kelapa, di RT 02 RW 03 dibuat dengan memanfaatkan sabut kelapa untuk atap, memanfaatkan bambu masyarakat, dan juga terdapat tunas kelapa di samping kan kiri. Terdapat dua gapura dengan atap yang berbeda di sebelah selatan menggunakan jerami kering. 

Tak lupa pernak pernik plastik bekas yang di design dgn berbagai bentuk hasil dari kreatifitas warga berhasil menghiasi komplek RT 02. Dalam pembuatan pernak pernik, warga RT 02 RW 03 Kaligending melakukan gotong royong bersama. Gotong royong dilakukan pada hari Jumat tanggal 5 Agustus 2022.

Dalam melakukan gotong royong warga menggunakan sistem pembagian kerja. Dimana ibu-ibu RT kerja bakti membuat kerajinan dari plastik kresek bekas untuk di buat bunga dn pernak pernik, dan gelas plastik bekas minuman di cat merah putih untuk pernak pernik di jalan komplek RT. Sementara itu Bapak-bapak RT kerja bakti membuat gapura, menebang bambu, membuat atap gapura dengan jerami dan sabut kelapa, serta memasang patok merah putih sepanjang jalan. 

Dalam kegiatan gotong royong warga RT 02 RW 03 di dampingi oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Jenderal Soedirman. Pendamping RT 02 adalah Deden Abdul Kohar Yusuf Gautama dan Amelia Astarina. Pendamping melakukan pengarahan sekligus membantu dalam mempersiapkan lomba lingkungan.

Dalam mendampingi, Deden Abdul Kohar Yusuf Gautama menyampaikan "Pentingnya kesesuaian tema lomba terhadap implementasi dalam membuat dekorasi kemerdekaan adalah hal yang harus diperhatikan oleh warga, jangan sampai warga keluar dari tema yang sudah disampaikan oleh tim dewan yuri... " Di samping itu Amelia Astarina menuturkan "Ibu-ibu RT 02 RW 03 Kligending harus kompetitif, kreatif dan unggul dari wilayah lain..."

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan