Mohon tunggu...
DW
DW Mohon Tunggu... Freelancer - Melihat, Mendengar, Merasa dan Mencoba

Setiap Waktu adalah Proses Belajar, Semua Orang adalah Guru, Setiap Tempat adalah Sekolah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bergeraklah Merawat Silahturahmi

8 Juli 2023   12:30 Diperbarui: 8 Juli 2023   14:29 341
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Saya berusaha melakukan yang terbaik,  selagi diberikan kesempatan oleh kehidupan"

Sepenggal kalimat yang terus melekat di benak saya, obrolan siang itu begitu berkesan.

Beberapa hari lalu saya berjumpa dengan sosok yang saya kagumi, Bapak Onny Widjanarko, beliau sebelumnya menjabat berbagai posisi penting di Bank Sentral; Kepala Transformasi, Kepala Departemen Komunikasi, Kepala Kantor Perwakilan DKI, dan juga sebagai Komisaris Utama Artajasa. Serangkaian posisi yang beliau duduki di Bank Sentral begitu penting, dan ketika pensiun, beliau diberikan amanah baru sebagai komisaris BTPN.

Dengan reputasi dan wawasan yang beliau miliki, saya merasa sangat beruntung mendapatkan atensi beliau.

Bagi saya pribadi, Pak Onny adalah Guru, ciri khas yang tidak pernah berubah sejak saya kenal, humble dan selalu memberikan perhatian penuh saat orang lain berbicara. Beberapa kali berjumpa beliau baik formal atau informal, apapun pertemuannya, dimana pun lokasi kami berjumpa, beliau selalu merangkul dan berbicara layaknya saya pribadi yang penting. Sering sekali justru saya yang merasa canggung, karena beliau "tidak berjarak".

"Tugas kita menjaga dan merawat silahturahmi, karena itulah yang membuat kita lebih hidup" ucap beliau humble.

Saya merenungkan kalimat ini. Betul, ternyata tugas kita adalah merawat silahturahmi. Silahturahmi membuka pintu rezeki. Rezeki bukan hanya tentang uang, bisnis, tapi jaringan, koneksi dan ilmu. Banyak gagal paham akan silahturahmi, seolah silahturahmi hanya basa-basi, jikapun berkunjung ke relasi terkesan mengharapkan atau meminta sesuatu.

Obrolan terus berlanjut, dari pembahasan ringan seperti musik, buku yang sedang dibaca hingga ke konteks kehidupan.
Beliau mensisipkan sebuah analogi yang menarik dan ingin sekali saya bagikan kepada teman-teman. 

Ada sebuah istilah dalam dunia statistik yang disebut dengan Moving Average. Dalam dunia saham, trading, dan investasi, Moving Average dikenal sebagai alat analisa teknikal pergerakan saham dan investasi. Meski turun naik, namun secara long term bertumbuh dan terjadi kenaikan.

Hal ini juga terjadi dalam kehidupan kita, bahwa ada 4 siklus yang kita alami;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun