Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Marc Marquez dan Dugaan Konspirasi MotoGP Sachsenring

21 Juni 2021   20:02 Diperbarui: 22 Juni 2021   11:32 306 19 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Marc Marquez dan Dugaan Konspirasi MotoGP Sachsenring
Marc Marquez menang di Sachsenring (20/6). Sumber: AFP/Ronny Hartmann via Kompas.com

Seri balap kedelapan MotoGP musim 2021 sudah digelar di Sirkuit Sachsenring, Jerman (20/6). Pemenangnya pun sudah kita ketahui adalah Marc Marquez.

Lewat kemenangan ini, maka Marc Marquez memenangkan semua balapan di Sachsenring sejak dia menjadi rookie di kelas MotoGP pada 2013. Sejak itu hingga 2019, Marc adalah pemenang Sachsenring.

Uniknya, ketika Marc Marquez cedera parah selama musim 2020, Sachsenring juga absen menggelar balapan untuk MotoGP. Padahal, Jerman masih menggelar ajang olahraga lain, yaitu sepak bola.

Di sepak bola, Bundesliga masih bergulir. Bahkan, secara keamanan negara terkait Covid-19, Jerman tergolong negara Eropa paling cepat survive.

Namun, pada kenyataannya mereka tetap memilih absen menggelar seri balap untuk MotoGP. Entah, karena memang situasi atau karena Marc Marquez sudah dipastikan absen. Siapa yang tahu?

Uniknya lagi, seri MotoGP kemudian menggelar balapan di sirkuit yang hampir mirip Sachsenring, yaitu Portimao. Sirkuit ini juga berada di daratan yang tidak rata. Artinya, ada beberapa lintasan yang naik-turun seperti pada beberapa sektor di lintasan Sachsenring.

Pemenangnya pun pembalap yang bisa dikatakan sangat mengerti lintasan tersebut, yaitu Miguel Oliveira. Itu bisa dilihat dengan jarak waktu antara Oliveira dengan pembalap lain, Franco Morbidelli dan Jack Miller, yang sangat jauh.

Baca juga: Miguel Oliveira "Untouchable" di Portimao

Artinya, pada 2020, seperti ada konsep yang bisa membuat musim balap MotoGP terlihat berbeda dari yang seharusnya. Selain karena ada faktor pandemi yang merusak musim balap MotoGP juga bisa saja ada upaya untuk membuat adanya "keistimewaan" di MotoGP.

Keistimewaan itu bernama Marc Marquez dan Sachsenring. Kemenangan perdana Marc pascacedera pun di sirkuit ini. Kemenangan yang kemudian menghapus peluang buruk Honda menjadi tim konsesi seperti Aprilia.

Momen Marc Marquez merayakan kemenangan di tepi lintasan. Sumber: Motogp/Transmedia/Trans7
Momen Marc Marquez merayakan kemenangan di tepi lintasan. Sumber: Motogp/Transmedia/Trans7
Tetapi, benarkah kemenangan ini adalah faktor kesengajaan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN