Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Administrasi - Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Walau Timnas Indonesia Kalah, tapi Tidak Salah

8 Juni 2021   19:40 Diperbarui: 9 Juni 2021   16:40 140 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Walau Timnas Indonesia Kalah, tapi Tidak Salah
Duel Vietnam vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, di Al-Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (7/6). Sumber: PSSI.org

Timnas Indonesia harus menerima hasil buruk pascalaga melawan Timnas Vietnam (7/6) di Stadion Al-Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab. Tidak tanggung, skornya adalah 4-0 untuk kemenangan skuad asuhan Park Hang-seo.

Pada laga ini, pelatih Shin Tae-yong melakukan perubahan skuad yang bermain sejak menit pertama. Ada Osvaldo Haay, Yakob Sayuri, dan Rachmat Irianto.

Mereka menggantikan posisi Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, dan I Kadek Agung. Perbedaan pemain yang diturunkan membuat permainan timnas juga sedikit berbeda dibandingkan sebelumnya.

Saat melawan Thailand, permainan timnas Indonesia mempunyai cukup keseimbangan antara bertahan dan menyerang. Sedangkan, di laga ini, permainan timnas Indonesia lebih berat pada fokus bertahan.

Sisi bagusnya, pertahanan timnas di awal pertandingan tidak mudah ditembus. Bahkan, hingga babak pertama berakhir, skor masih 0-0.

Suatu pemandangan yang bagus untuk dapat menganggap adanya progres dalam bertahan antara laga sebelumnya dengan laga ini. Perbedaan skuad yang diturunkan bisa menjadi indikatornya.

Sedangkan, pada sisi kurang bagusnya, skuad Garuda terlihat kurang berani untuk menyerang dengan pola yang tertata. Memang, apa yang dilakukan para pemain seperti menjalankan instruksi pelatih. Namun, pada penyelesaian akhir atau pun penguasaan bola akhir, itu yang masih menjadi kekurangan.

Pada babak kedua, ada indikasi bahwa Indonesia ingin mencari gol. Shin Tae-yong memasukkan Egy dan Witan untuk menggantikan Yakob dan Osvaldo.

Pergantian ini membuat awal mula Indonesia di babak kedua seperti terlihat lebih berani dan lebih lama menguasai bola di area permainan Vietnam dibandingkan babak pertama. Namun, sesuatu yang tidak diinginkan oleh pendukung Indonesia adalah Vietnam justru mampu mencetak gol ke gawang Nadeo.

Skor berubah menjadi 1-0. Gol yang cukup kontroversial itu kemudian menjadi pelecut kepercayaan diri pemain Vietnam. Di sisi berbeda, malah seperti mengubah fokus permainan Indonesia.

Mereka ingin keluar menyerang, tetapi lini pertahanan menjadi rentan diserang dengan aliran bola cepat. Gol kedua Vietnam pun tercipta karena krang cepatnya lini pertahanan tim Indonesia menutup serangan cepat Vietnam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN