Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

MotoGP Jerez 2021: Ketika Kemenangan Datang Tidak Terduga

3 Mei 2021   04:20 Diperbarui: 3 Mei 2021   20:31 978 20 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
MotoGP Jerez 2021: Ketika Kemenangan Datang Tidak Terduga
Podium 1-2 Ducati di MotoGP Spanyol. (TWITTER/@MOTOGP via kompas.com)

Balapan MotoGP 2021 seri keempat telah digelar di Jerez, Spanyol (2/5). Secara umum, balapan ini tidak seseru di Portimao, karena faktor karakter sirkuitnya yang tidak terlalu menyuguhkan aksi salip-menyalip.

Jika di balapan sebelumnya, termasuk di Qatar bisa menghasilkan rombongan yang panjang di depan, di Jerez hal ini tidak terjadi. Situasi balapan menjadi seperti balapan MotoGP yang sudah familier saat ini, yang semua pembalap sulit untuk merapatkan jarak dengan pembalap lain di depannya.

Bahkan, ketika balapan baru di putaran-putaran awal, sudah tercipta jarak 1 hingga 2 detik antara dua pembalap terdepan yaitu Fabio Quartararo dan Jack Miller dengan Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia yang memperebutkan jatah podium.

Sebelum balapan ini dimulai, sempat pula muncul para cenayang dadakan yang berasal dari para penggemar MotoGP. Mereka terlihat sudah yakin kalau pemenangnya adalah Fabio Quartararo.

Tolok-ukurnya adalah dua kemenangan di sirkuit yang sama musim lalu, dan dua kemenangan beruntun (Doha dan Portimao) sebelum balapan ini digelar. Quartararo juga memulai balapan dengan pole position di kualifikasi.

Meskipun, sempat tercecer di urutan keempat saat mengawali balapan, El Diablo berhasil menyalip Bagnaia, Morbidelli, dan Miller yang paling terlihat ulet. Ketika dia sudah berhasil di depan, jarak pun perlahan terlihat antara dirinya dengan Miller.

Situasi saat Quartararo masih memimpin balapan. Sumber: Motogp/Transmedia/Trans7
Situasi saat Quartararo masih memimpin balapan. Sumber: Motogp/Transmedia/Trans7
Prediksi para penggemar MotoGP pun seolah-olah akan menjadi kenyataan, sebelum tiba-tiba terlihat kecepatan motor Quartararo menurun drastis. Dari yang awalnya berjarak 1 detik hingga nyaris 1,5 detik malah langsung berjarak 0,4 detik dan 0,2 detik dengan Miller.

Tidak perlu waktu lama bagi Miller untuk menyalipnya, karena dia sepertinya tahu kalau ada yang tidak beres dari situasi Quartararo. Apa yang dilakukan Miller kemudian diikuti Bagnaia yang juga tahu kalau Quartararo tidak pada kecepatan yang sebenarnya.

Morbidelli pun menyusul untuk menyalip rekan setimnya musim lalu. Nahas, apa yang terjadi pada Quartararo terlihat makin parah.

Jika hal ini terjadi karena kondisi ban, degradasi kecepatannya terlalu ekstrem. Namun, dugaan pertama, memang karena kondisi ban yang mungkin cepat menurun daya cengkeramnya.

Konfirmasi merosotnya kecepatan Quartararo. Sumber: Twitter/FabioQ20/MotoGP
Konfirmasi merosotnya kecepatan Quartararo. Sumber: Twitter/FabioQ20/MotoGP
Ini kemudian membuat Quartararo harus rela disalip secara beruntun oleh Takaaki Nakagami, Joan Mir, dan Aleix Espargaro. Pada situasi ini keputusan Nakagami terlihat lebih tepat dibandingkan Aleix Espargaro yang sempat ragu untuk menyalip Quartararo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN