Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com | Alamat surel: deddyhsuryanto@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Artikel Utama

Bagaimana Kalau Teman Kita Tidak "Easy Going"?

28 Februari 2021   22:59 Diperbarui: 1 Maret 2021   22:15 830 33 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Kalau Teman Kita Tidak "Easy Going"?
Ilustrasi nongkrong bareng teman. Gambar: Pexels/Helena Lopes

Ada yang merasa tidak mudah diajak bepergian? Kira-kira, apa alasannya?

Apakah benar, orang yang susah diajak bepergian adalah orang sibuk? Apakah orang yang diajak punya kesibukan luar biasa dibanding yang mengajak?

Dua pertanyaan itu saya tujukan kepada orang yang berada di dua situasi. Sebagai orang yang sedang diajak bepergian, dan sebagai orang yang sedang ingin mengajak bepergian.

Nyaris semua orang pernah berada di dua situasi tersebut. Sulit rasanya hanya pernah mengalami satu situasi saja.

Lalu, bagaimana dengan keberadaan istilah easy going?

Jika merujuk pada arti lugasnya, easy going adalah mudah bergaul. Artinya, itu semacam sifat, bukan sikap. Bahkan, easy going juga sering dikaitkan dengan zodiak.

Tetapi, saya tidak akan membahas easy going berdasarkan sifat dan apalagi zodiak, karena itu sudah banyak yang mengulas. Saya lebih tertarik dengan melihat easy going berdasarkan sikap alias tindakan.

Sikap memang sangat lekat dengan sifat, karena pembentukan dasarnya dari sana. Tapi, jangan lupa dengan dua faktor eksternal pada seseorang, yaitu pengetahuan dan pengalaman.

Dua faktor itu yang akan membuat seseorang dapat mengambil sikap dan membuat tindakan. Menurut saya, itulah yang akan membentuk sifat dan sikap seseorang menjadi relatif, sekalipun kita berada di tempat yang dipenuhi orang-orang yang secara dasar kepribadiannya sama.

Saya ambil contoh dasar kepribadian sederhana dengan meminjam istilah introvert dan extrovert. Kita tentu tahu, bahwa si introvert identik dengan pembawaan dirinya yang lebih banyak diam daripada extrovert yang mudah membuka basa-basi.

Tetapi, pernahkah kita berada di ruang yang berisi 70-90 persen orang extrovert atau introvert? Apakah mereka memiliki tindakan sama terhadap sesuatu?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN