Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Penyuka Sepak Bola. Segala tulisan selalu tak luput dari kesalahan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tora dan Jenaka, Harmoni Ayah dan Anak Perempuan

7 November 2020   09:50 Diperbarui: 7 November 2020   13:34 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mieke Amalia, Jenaka, dan Tora Sudiro. Gambar: via Grid.id

Berhubung saya bukan anak perempuan, juga belum punya anak perempuan, maka saya mencoba menghadirkan salah satu preferensi saya dalam melihat sosok ayah dan anak perempuan. Mereka adalah Tora Sudiro dan Jenaka Sudiro. Sebenarnya saya tahu Jenaka sejak dia diundang di sebuah acara talkshow di tv(i).

Namun, saya baru benar-benar mengikuti perkembangannya sejak ada konten di Youtube yang mengundang pasangan suami-istri, Tora dan Mieke(ii). Saat itu, ada bagian perbincangan yang menyebutkan nama Jenaka.

Berdasarkan penuturan Tora, saya berpikir bahwa Tora sangat dekat dengan Jenaka, begitu pula sebaliknya. Saya mengira demikian, karena memang saya jarang mengulik para selebritis di media sosial (medsos). Padahal, dewasa ini kehidupan para figur publik, apalagi punggawa hiburan seperti Tora Sudiro pasti sering wara-wiri di medsos dengan segala feed-nya.

Namun, terakhir saya melihat feed-nya, saya tidak terlalu memperhatikan momen-momen kedekatannya dengan si bungsu, Jenaka. Malah, saya sering melihat update-nya Tora tentang putri-putrinya yang beranjak dewasa.

Mungkin, karena saya baru buat akun medsos tahun ini (Juni 2020). Padahal, ketika saya cari lewat mesin pencarian, ternyata banyak foto-foto Tora dengan Jenaka, dan bersumber dari akun medsosnya.

Tora, Jenaka, dan Sarah Sechan. Gambar: via Kanal247.com
Tora, Jenaka, dan Sarah Sechan. Gambar: via Kanal247.com
Seolah balas dendam terkait kekudetan saya, dalam beberapa waktu terakhir, saya mencoba mengulik lewat video-video di Youtube. Termasuk di channel pribadi Tora(iii).

Dari situlah, saya mulai melihat betapa naturalnya kedekatan Tora dengan Jenaka. Bahkan, meskipun Jenaka masih kecil, dia sudah mampu merepresentasikan keberhasilan Tora dalam menyayanginya.

Khususnya saat Tora dan Jenaka berada dalam sebuah segmen bermain game bersama(iv). Saya melihat Jenaka mampu mengimbangi kekocakan Tora dengan kepercayaan diri dan kedewasaan.

Meskipun tingkah kekanakannya masih ada, tetapi itu natural sebagaimana usianya. Namun, ketika dia berbicara, aura kecukupan kasih-sayangnya sangat terlihat.

Salah satu potret kebersamaan Tora dengan Jenaka. Gambar: Instagram/t_orasudi_ro
Salah satu potret kebersamaan Tora dengan Jenaka. Gambar: Instagram/t_orasudi_ro
Dia tidak berlebihan dalam merespon interaksi orang lain, dan tahu apa yang harus ia katakan. Ini jelas luar biasa, atau mungkin malah saya terlalu underestimate terhadap tingkah-laku anak-anak.

Suatu hal yang pasti, ini membuat saya juga menemukan contoh anak "dewasa" lainnya setelah Ibam, putra selebriti kondang, Asri Welas. Berdasarkan "temuan" itu, saya berpikir bahwa anak-anak bisa menjadi sedemikian rupa karena tidak lepas dari bagaimana peran orang tuanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun