Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Penyuka Sepak Bola. Segala tulisan selalu tak luput dari kesalahan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Memanfaatkan Banjir Buah Naga untuk Berbuka Puasa

11 Mei 2020   20:54 Diperbarui: 11 Mei 2020   21:00 498
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Buah Naga punya manfaat yang bagus untuk tubuh. Bisa jadi pilihan tepat untuk berbuka puasa. | Gambar: Thinkstock via Kompas.com

Sebenarnya ini adalah bagian dari kenangan saya ketika pernah berkunjung ke Banyuwangi. Sekitar beberapa hari saya berada di daerah yang berdekatan dengan Pulau Bali itu, pasca momen Tahun Baru 2018.

Selain kenangan berkunjung di dua pantai yang ada di Banyuwangi, saya juga pernah ke Kawah Ijen. Namun salah satu ciri yang masih saya ingat di Banyuwangi adalah keberadaan penjual Buah Naga yang hampir mengisi setiap sisi jalan.

Pemandangan ini saya temukan ketika berkunjung ke Pantai Pulo Merah. Hampir selama perjalanan saya melihat banyak rumah yang dihiasi tanaman Buah Naga.

Tentu awalnya saya tidak menyangka jika Buah Naga menjadi salah satu tanaman yang populer di Banyuwangi. Hal ini kemudian dipertegas oleh cerita dari kerabat teman saya yang ada di Banyuwangi, bahwa di sini 10.000 saja bisa dapat Buah Naga sekardus hingga dua kardus.

Bahkan, ketika musim panen sangat tinggi bisa digratiskan untuk membawa pulang Buah Naga dari orang terdekat--mungkin maksudnya teman. Bukti sekitar dua kardus Buah Naga yang yang masih sangat segar itu sudah memuaskan keyakinan saya pada cerita tersebut.

Ditambah dengan pengalaman berkunjung ke Pantai Pulo Merah itu membuat saya merekam jelas kisah tersebut di kepala saya. Meski saya sudah mengetahui eksistensi Buah Naga sejak masih sekolah, namun saya belum pernah melihat begitu banyaknya orang menanam Buah Naga hingga menjualnya secara murah.

Selain itu, saya juga merasa buah ini awalnya hanya bagus secara tampilan, namun secara rasa tidak terlalu istimewa. Itulah mengapa ketika mengonsumsinya, saya lebih familiar dengan bentuk jus ataupun langsung saya sendok setelah terbelah.

Alasannya sederhana, melihat daging buahnya yang tidak terlalu keras, membuat saya berpikir tak akan ada cara lain untuk disajikan. Bahkan saya menganggap dagingnya lebih rapuh daripada Semangka.

Anggapan saya ternyata cukup meleset. Karena nyatanya Buah Naga dagingnya masih dapat disajikan seperti Semangka ataupun Melon yang dapat dipotong-potong. Atau, juga lebih pas jika dipotong-potong seperti Mangga--tidak dilepas dari kulitnya.

Buah Naga yang ternyata dapat disajikan seperti buah Mangga. | Gambar: Tribunnews
Buah Naga yang ternyata dapat disajikan seperti buah Mangga. | Gambar: Tribunnews
Penyajian Buah Naga yang dipotong-potong ini diceritakan langsung oleh teman saya lainnya yang sekarang tinggal di Banyuwangi. Ketika Ramadan telah berlangsung lebih dari dua pekan ini, menurut ceritanya, Buah Naga pernah dijadikan sebagai menu pencuci mulut (dessert).

Penyajiannya dipotong dadu, dan ini sempat tidak saya percayai. Namun, dia menyatakan bahwa memilih Buah Naga sebelum disajikan juga penting, agar tahu bagaimana cara menyajikannya dengan tepat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun