Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola dan Penulis Gadungan, Cinta Indonesia. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com Iseng-iseng unggah video di https://m.youtube.com/channel/UCmc1Ubhzu3PPCG3XXqcGExg

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Artikel Utama

Fashion ala Penyuka Sepak Bola Juga Bisa Jadi Pilihan Menarik

18 Juni 2019   12:50 Diperbarui: 18 Juni 2019   22:01 0 12 5 Mohon Tunggu...
Fashion ala Penyuka Sepak Bola Juga Bisa Jadi Pilihan Menarik
Fashion dengan jersey klub sepakbola bisa untuk berpasangan juga loh! ;) https://o.canada.com 

Dewasa ini berpakaian tidak lagi hanya berpatok pada budaya di desa, kota, maupun negara kita. Namun berpakaian juga dapat diwujudkan dengan mencoba gaya berpakaian berdasarkan sesuatu yang disukai. Bagi yang menyukai musik, maka fashion-nya akan berkaitan dengan musik. Entah dengan kaos bertuliskan sebaris lirik lagu, nama band favorit, ataupun motif alat musik yang disukai.

Begitu pula jika menyukai bidang lainnya, salah satunya adalah olahraga. Biasanya beberapa cabang olahraga memiliki penggemarnya masing-masing dan kemudian dieksistensikan dengan aksesoris fesyen (fashion). Baik itu berupa kaos, jaket, celana, sepatu, ataupun lainnya.

Salah satu cabang olahraga yang sangat banyak digemari dan lebih familiar di masyarakat Indonesia adalah sepak bola. Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak orang-orang di sekitar kita mengenakan kaos, jaket, ataupun lainnya yang berkaitan dengan sepak bola. Biasanya representasinya adalah klub sepakbola yang digandrungi. Entah itu klub daerahnya sendiri, ataupun klub dari mancanegara.

Jaket yang saya beli sebelum jadi mahasiswa. Hehehe... (Dokpri/DeddyHS_15)
Jaket yang saya beli sebelum jadi mahasiswa. Hehehe... (Dokpri/DeddyHS_15)

Seperti penulis, yang memiliki beberapa kaos, celana, dan jaket yang menyimbolkan klub favorit pribadi. Memang bukan merupakan merchandise resmi dari klub tersebut, bahkan kalau di-rating ke jenis KW (julukan untuk produk tiruan), merchandise tersebut berada di kelas paling bawah. Namun, pembelian ini bukan soal originalitas, melainkan kepuasan dan kenyamanan.

Kaos pertama yang dibeli, sekitar tahun 2012/2013. (Dokpri/DeddyHS_15)
Kaos pertama yang dibeli, sekitar tahun 2012/2013. (Dokpri/DeddyHS_15)

Bisa disebut kepuasan, karena, ketika membelinya, penulis harus bisa menyisihkan sedikit uang untuk dapat membelinya. Selain itu, ada tujuan dalam membelinya, yaitu menambah jumlah pakaian untuk bersantai. Sehingga, ketika berada di sekitar kampung, tidak terlalu repot untuk memilih pakaian yang tepat. Toh, banyak tetangga yang juga berkeliling kampung dengan menggunakan kaos sepak bola, bukan?

Sedangkan untuk tingkat kenyamanan, penulis membeli pakaian yang beratribut sepak bola dan berharga murah adalah untuk digunakan sebagai pakaian keseharian. Selain itu, memilih pakaian yang sesuai dengan suhu tempat tinggal itu tidaklah mudah. Karena, berada di kota yang suhu udaranya stabil di angka lebih dari 29 derajat Celcius tentu akan lebih nyaman menggunakan kaos yang tipis.

Namun, tidak banyak kaos biasa yang tipis dan tidak mudah kusut seperti kaos model jersey. Sehingga, akan lebih cocok jika menggunakan kaos olahraga semacam itu dibandingkan kaos biasa. Apalagi jika kaos itu rusak (robek), maka dengan harga murah, kerusakan itu tidak akan disayangkan -tinggal buang dan beli baru (hehehe).

Pasangan pengguna atribut sepakbola saat akan menonton pertandingan. (Hipwee.com)
Pasangan pengguna atribut sepakbola saat akan menonton pertandingan. (Hipwee.com)

Jika ditarik lebih dalam lagi, penggunaan fesyen ala penyuka sepakbola juga memiliki faktor kebanggaan. Yaitu, dapat menunjukkan klub favoritnya kepada orang lain. 

Hal ini dapat diibaratkan jika kita memiliki sesuatu, pasti akan lebih bagus jika orang lain tahu -sekadar tahu saja. Bukan soal apakah itu bagian dari upaya sombong, namun lebih pada upaya untuk mendapatkan pengenalan dan pengakuan.

Tentunya akan menarik bagi penyuka sepak bola jika dirinya dikenal menyukai klub sepakbola tertentu. Apalagi jika klub tersebut berprestasi. Maka, secara psikologis hal ini memberikan dampak bagus bagi orang tersebut berupa inspirasi dan kebanggaan.

Salah seorang pendukung Real Madrid dan Cristiano Ronaldo. (Twitter.com)
Salah seorang pendukung Real Madrid dan Cristiano Ronaldo. (Twitter.com)

Selain itu, menunjukkan apa klub favoritnya dengan fesyen, juga dapat sedikit mencitrakan tentang karakter orang tersebut. Misalnya, si A penyuka klub Real Madrid. Maka, si A akan dapat dinilai secara sederhana sebagai orang yang menyukai pelabelan tentang kehebatan maupun kekayaan. Orang itu (mungkin) juga akan sangat suka disanjung dan sangat ambisius.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x