Mohon tunggu...
Fery Deddy Fahriza
Fery Deddy Fahriza Mohon Tunggu... Lainnya - Music is my soul

Without deviation from the norm, progress is not possible by Frank Zappa

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Semangat Sumpah Pemuda yang Tertuang dalam Aksi Donor Darah oleh IMIP

29 Oktober 2021   12:10 Diperbarui: 29 Oktober 2021   12:20 41 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Aksi donor darah oleh PT IMIP di Hari Sumpah Pemuda. Sumber Foto: Palu Poso

Aksi donor darah baru saja dilakukan oleh PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 28 Oktober. 

Kegiatan tersebut digelar selama dua hari pada 28-29 Oktober 2021 yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Bahodopi. Aksi donor darah PT IMIP ini melibatkan PMI Kabupaten Morowali dan Kerukunan Keluarga Luwu Timur (KKLT).

Ini bukanlah kali pertama, sebelumnya PT IMIP melalui PMI Morowali juga telah menggelar aksi donor darah pertamanya pada tahun 2018 dengan berhasil mengumpulkan 279 kantong darah. Dan di tahun 2019, IMIP kembali dengan aksi donor darah tersebut dan mengumpulkan 280 kantong. Sementara aksi donor darah di tahun ini ditargetkan dapat mengumpulkan sebanyak 500 kantong darah. 

Tahir, selaku Camat Bahodopi menyampaikan bahwa sejatinya kegiatan sosial ini memang rutin diselenggarakan pada setiap tahunnya di Kecamatan Bahodopi. Tak terkecuali dari lingkungan perusahaan PT IMIP sendiri. 

Dirinya menambahkan, karena adanya keterbatasan fasilitas penampungan darah di PMI Kabupaten Morowali pada aksi donor darah tersebut, pihak perusahaan ataupun organisasi masyarakat terkadang juga sering mengikutsertakan PMI dari Sulawesi Tenggara. 

Terbatasnya daya tampung donor darah juga terkadang membuat dilema penghelat kegiatan donor darah. Oleh karena itu Morowali selalu menggandeng PMI Sulawesi Tenggara. Diharapkan permasalahan ini bisa menemui solusinya melalui diskusi dari seluruh lapisan masyarakat termasuk pemerintah, masyarakat dan pelaku industri. 

Di saat yang bersamaan, mewakili Ketua PMI Morowali Asnoni Taslim, Gunawan mengatakan bahwa fasilitas penunjang yang dimiliki oleh PMI Morowali disadari memang belum sepenuhnya memadai. Namun, masih dapat digunakan dengan daya tampung yang dibatasi. 

Gunawan mengatakan bahwa hampir setiap hari PMI Morowali mendapatkan info akan kebutuhan darah. Namun sayangnya stok yang dimiliki PMI tidak seimbang dengan kebutuhan. 

Maka dari itu, dengan adanya kegiatan donor darah yang dilakukan PT IMIP seperti ini dapat menggerakkan nurani masyarakat untuk turut berkontribusi sehingga nantinya kegiatan donor darah bisa menjadi rutinitas paling kurang tiga bulan sekali.

Sementara, Thomas Deni Bintoro, Koordinator Community Relation PT IMIP, mewakili manajemen PT IMIP mengatakan bahwa setetes darah yang telah disumbangkan oleh para relawan donor diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Ia juga menambahkan, dengan spirit sumpah pemuda yang dimiliki, kontribusi secara positif untuk majunya Bahodopi dapat dilakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan