Mohon tunggu...
Deby Roslia Anwar
Deby Roslia Anwar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Tarumanagara

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Money

Kenali Pasar dan Ciptakan Produk yang Inovatif

6 Juni 2021   14:46 Diperbarui: 6 Juni 2021   15:56 144 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Perkembangan zaman ditandai dengan permintaan atas kebutuhan masyarakat akan sebuah produk yang semakin beragam, masyarakat menuntut hadirnya produk yang dapat menyelesaikan permasalahan yang dialami dan mengandung beberapa fungsi di dalamnya atau yang biasa disebut dengan multifungsi. 

Sejalan dengan perkembangan zaman dan tuntutan yang dihadapi, para pelaku bisnis juga harus bisa mengetahui dan menciptakan solusi dari masalah yang sedang dialami oleh masyarakat dan dapat dengan tepat menilai apa yang diperlukan dan apa yang tidak diperlukan. 

Ada hal-hal yang harus diperhatikan dengan benar oleh para pelaku bisnis, seperti melakukan riset pasar dan kemudian mengembangkan sebuah produk baru. Hal tersebut harus dilakukan agar perusahaan tidak salah dalam menawarkan produk kepada masyarakat dan agar perusahaan dengan tepat memilih sasaran pasar yang sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Menurut Hansen dan Faarup (2010) riset pasar dapat diartikan sebagai cara tradisional untuk mengumpulkan informasi melalui survey dan kuesioner yang berisikan pertanyaan yang ditujukan kepada orang yang relevan atau pemegang saham. Riset pasar dilakukan agar perusahaan dapat mengetahui tentang target pasar yang tepat dipilih oleh perusahaan, menciptakan produk yang tepat dan dapat menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh masyarakat. 

Dalam melakukan riset pasar, ada beberapa tujuan yang  dapat dicapai oleh perusahaan yaitu : Pertama, agar dapat mengetahui seperti apa permasalah yang dialami oleh masyarakat dan seperti apa produk yang dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Kedua, perusahaan dapat mengetahui apakah biaya produksi dari produk sesuai dengan harga dari produk tersebut dapat diterima oleh masyarakat. Ketiga, dapat mengetahui kira-kira bentuk pemasaran seperti apa yang dapat menarik minat dari masyarakat itu sendiri. Dan yang terakhir adalah riset pasar dapat memberi tahu para pelaku bisnis apakah produk yang ditawarkan sesuai atau tidak dengan yang diharapkan oleh masyarakat. 

Pada saat melakukan riset pasar juga terdapat metode-metode yang bisa digunakan oleh perusahaan dalam melakukan riset,antara lain adalah dengan metode kuesioner, wawancara, observasi, survei, dan riset grup. Pemilihan metode riset pasar dapat disesuaikan dan sejalan dengan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan yang berkaitan.

Setelah perusahaan mendapatkan respon balik dari masyarakat, selanjutnya adalah perusahaan melakukan pengembangan terhadap produknya. Pengembangan produk menurut Assauri (2015) adalah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan dalam menghadapi kemungkinan perubahan produk ke arah yang lebih baik, sehingga dapat memberikan daya guna maupun daya pemuas yang lebih besar. Pengembangan produk sangat diutamakan karena dengan melakukan pengembangan produk maka nilai guna dalam produk itu juga bertambah. 

Dalam buku Marketing Management (2016) karya Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, menjelaskan bahwa ada lima jenis strategi dalam pengembangan produk, yaitu memperbaiki produk yang sudah ada, memperluas lini produk, menambah produk yang ada, meniru strategi pesaing, serta menambah lini produk.  Perusahaan juga bisa melakukan inovasi dari produk yang telah ada menjadi produk yang memiliki nilai guna lebih banyak, menawarkan tampilan produk yang lebih menarik, atau menjadikan produk lebih ramah lagi kepada masyarakat misalnya seperti dari segi ukuran, fungsi, dan harga. Harvard Theodore Levitt dalam Suryana (2014) mendefinisikan inovasi sebagai kemampuan mengaplikasikan solusi yang kreatif terhadap permasalahan dan peluang yang ada untuk lebih memakmurkan kehidupan masyarakat. 

Mandehdradicky (2017) mengatakan bahwa keberhasilan sistem perusahaan di masa depan akan banyak tergantung kepada kemampuan perusahaan menyajikan produk-produk yang menarik, kompetitif dan memberikan kualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Inovasi produk harus menjadi strategi prioritas bagi perusahaan, sebab inovasi memiliki peran penting di tengah pasar yang kompetitif, karena itu suatu perusahaan harus dapat terus melakukan inovasi-inovasi baru. Oleh karena itu pengembangan produk sangat disarankan dilakukan oleh para pelaku bisnis, karena pengembangan produk dan inovasi adalah sebuah penentu bagi nasib perusahaan itu sendiri.  

Perusahaan harus dengan cermat mengidentifikasi dan menilai apa yang menjadi sebuah permasalah seiring dengan berkembangnya zaman dan selera dari masyarakat, agar dapat dengan tepat menghadirkan produk yang menjadi solusi dari permasalahan tersebut dengan mengembangkan produk-produk yang inovatif dan kreatif. Karena apabila sebuah perusahaan dapat dengan tepat menciptakan solusi tersebut hal selanjutnya yang terjadi adalah meningkatnya volume penjualan dan dapat menambah nilai bagi perusahaan itu sendiri. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan