Mohon tunggu...
Sri Ratna Wulan
Sri Ratna Wulan Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

traveller humoris yang suka icip-icip makanan enak ^^

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Menyelesaikan Apa (pun) yang Telah Dimulai

30 Juli 2015   11:16 Diperbarui: 11 Agustus 2015   23:23 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Rasanya judulnya agak kurang pas untuk cerita saya dibawah ini, tapi saya belum menemukan judul yang tepat untuk merepresentasikannya hihi.

Jadi begini ceritanya.....

Awal bulan puasa, saya iseng untuk bikin mukena katun jepang yang waktu itu sedang in dan harganya lumayan jauh juga dibanding bikin sendiri mah. Lalu saya mulai mencari-cari katun jepang yang lucu-lucu. Karena saya merupakan ibu-ibu gahoooool (O nya harus 5), jadi saya cari katun jepang nya di internet aja deh hihi. Dan pilihan saya jatuh pada katun jepang yang dijual di FB @katunbabana. Saya pilih yang motif bunga-bunga untuk atasan mukena, dan garis-garis kecil untuk bawahan mukena. Ga matching kan? Yes emang seninya disitu hihi.

Dengan kemampuan menjahit saya yang dibawah rata-rata---hanya mengandalkan memori bagaimana ketika dahulu ibu saya menjahit baju untuk anak-anaknya sendiri---, saya nekat membuat mukena yang belum pernah saya bikin sebelumnya. Disamping saya juga mencari cara membuat mukena dari blog-blog dan tentu saja dari mamang Youtube. Berbekal itu semua cussssss saya ketok palu untuk memulai membuat mukena.

Pertama adalah bagian memotong kain katun jepang untuk dijadikan atasan dan bawahan mukena. Nah, bagian memotong kain ini saya rasa ga usah dibikin pola-pola dari kertas koran atau karton segala. Cukup memotong dengan mengikuti pola mukena yang sudah jadi saja. Kemudian mengobras kain tersebut dan diakhiri dengan menjahitnya.

Kelihatannya simpel kan? Memang kalau sudah ahli menjahit mah kelihatannya simpel aja bikinnya tinggal diinjek-injek mesinnya, jadi deh. Tapi bagi saya yang masih amatir alias kelas teri dalam hal jahit menjahit, begitu mulai menjahit ada aja masalahnya: benang dibawah ngegulung, jahitan bengkok, jahitan malah jalan mundur bukan jalan maju, dan masih banyak lagi masalah lainnya. Jangan tanya kerapihan hasil jahitan, itu mah sudah pasti ga rapi hihi. Untung aja motif bunga dan garis memudarkan hasil jahitan yang kurang rapih itu.

Boleh dikata pembuatan mukena itu amat sangat lama sekitar 1 bulan, padahal dulu targetnya mau saya pake untuk lebaran, tapi apa daya belum beres tepat waktu. Bukan apa-apa, selain saya belum bisa jahit secara profesional, saya juga harus mengurus baby Davan yang sedang aktif-aktifnya, jadi ga bisa ditinggalin sendiri. Walhasil saya bikin mukenanya kalau Davan sedang tidur. Masalahnya, Davan jarang tidur siang hihi, jadi saya bikin mukenanya tengah malam atau subuh dengan wajah terkantuk-kantuk.

Emm sebenarnya kalau saya mau saya bisa bikin mukena kurang dari sebulan sih, tapi udah keburu males duluan karena ada detail bikin mukena terutama bagian atasan yang agak rumit, jadi aja didiemin lamaaaaaaaa bgt, malah hampir lupa. Ditambah kalo pas lagi ngerjain bikin jahitan ada aja halangannya Davan bangun lah, kerjain ini lah, itu lah, dll hihihi alasan.

Lalu kemarin-kemarin tetiba saya inget project bikin mukena yang belum jadi, saya liat-liat mukena yang belum jadi itu tinggal dikit lagi beres. Lalu malamnya setelah Davan tidur, saya bertekad untuk membereskannya sampai jadi mukena. Alhamdulillah yah beres juga.

Berdasarkan pengalaman bikin mukena tersebut, saya jadi inget zaman dulu waktu bikin skripsi dan thesis. Awalnya semangat bikin skripsi dan thesis karena liat temen-temen yang juga semangat ngerjain dan udah pada mau beres. Tapi ditengah jalan, saya melempem karena adaaaaaa aja halangan dan rintangan untuk membereskan skripsi dan thesis tersebut yang berujung jadi males ngerjain. Padahal saya tiap hari ke perpus karena kebetulan dekat kostan. Tapi disana bukannya ngerjain tapi malah wifi-an browsing ini itu yang ga berhubungan dengan thesis, baca status FB orang, haha ga penting banget pokoknya. Buku dan baca thesis orang mah udah sering, tapi kalo tiap hari malah bosen juga yah hihi. Baca terus tapi tugas akhir sendiri ga diketik-ketik. Malah mandeg mau nulis apa lagi. Walhasil dari pagi sampai sore diem di perpus cuma baru ngetik beberapa paragraf aja. Huh.

Di detik-detik terakhir, dimana teman-teman udah pada sidang dan saya belum, rasanya itu deg-deg-an. Bersyukurlah saya mempunyai keluarga yang selalu mendorong saya untuk segera membereskan tugas akhir saya. Tiap hari Ibu saya kerjaanya nelpoooooonnn terus nanya “gimana udah bimbingan sama dosen A lagi belum?”, “udah ngerjain berapa halaman hari ini?” dsb dsb, sampai saya sendiri bosennnnnn nerima telepon dari Ibu, karena pasti aja nanyain udah beres apa belum (huhu maafkan anakmu ini Bu).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun