JURNAL 16
COACHING DENGAN SISWA DAN GURU
TENTANG SUATU MASALAH
Oleh : Darsono – SMK Negeri 6 Surakarta
Minggu ini, saya masih mempelajari Modul 2.3 Coaching. Pembelajaran yang dilaksanakan adalah Refleksi Terbimbing, yaitu memberikan refleksi atas pembelajaran yang telah dilaksanakan, meliputi pemahaman sebelum dan sesudah mempelajari modul, hal yang perlu ditingkatkan, kendala, dan upaya dalam menghadapi kendala. Pada Demonstrasi Kontekstual, saya melakukan praktik coaching bersama dua siswa dengan kasus yang berbeda. Untuk memantapkan pemahaman pada materi coaching, CGP mengikuti Elaborasi Pemahaman bersama instruktur. Minggu ini saya juga melaksanakan praktik pembelajaran berdiferensiasi yang terintegrasi dengan Pembelajaran Sosial dan Emosional ⟮PSE).
Pada jurnal 16 ini saya akan menggunakan Model 3: Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi)
Topi putih: tuliskan informasi sebanyak-banyaknya terkait pengalaman yang terjadi. Informasi ini harus berupa fakta; bukan opini.
Topi merah: gambarkan perasaan Anda terkait dengan topik yang sedang dibahas, misalnya perasaan saat mempelajari materi baru atau saat menjalankan diskusi kelompok.
Topi kuning: tuliskan hal-hal positif yang terkait dengan topik tersebut.
Topi hitam: tuliskan kendala, hambatan, atau risiko dari tindakan/peristiwa yang sedang dibahas.
Topi hijau: jabarkan ide-ide yang muncul setelah mengalami peristiwa tersebut.