Mohon tunggu...
darsin pelangi
darsin pelangi Mohon Tunggu... Guru

Eksplorasi ilmu guru demi bangsa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

110 Mahasiswa Program Studi Bisnis Digital UMKU Menyelami Branding Digital Dan Inovasi Mutu Di PT.Sido Muncul

13 Oktober 2025   00:05 Diperbarui: 13 Oktober 2025   00:05 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
110 Mahasiswa Prodi Bisnis Digital UMKU melakukan Company Visit Di PT.Sido Muncul pada 8 Oktober 2025

Pada tanggal 8 Oktober 2025, sebanyak 110 mahasiswa dari Program Studi Bisnis Digital mengunjungi PT. Sido Muncul. Tbk, sebuah perusahaan ternama dalam bidang herbal modern. Pemilihan PT. Sido Muncul didasarkan pada fakta bahwa perusahaan ini telah beroperasi selama beberapa dekade dengan 250 produk yang memenuhi standar ekspor internasional, serta berhasil mempertahankan reputasinya sebagai produsen jamu terkemuka di Indonesia. Kunjungan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang branding digital dan inovasi kualitas yang diterapkan dalam industri jamu.

Di PT. Sido Muncul, mahasiswa berkesempatan untuk memahami proses bisnis dari perusahaan yang telah pesat perkembangannya berkat kekuatan pemasaran digital, pemasaran yang terintegrasi, dan digitalisasi dalam operasionalnya. Diawali dengan pengenalan sejarah perusahaan, teknologi, segmentasi pasar di kalangan anak muda, mahasiswa belajar tentang bagaimana produk PT. Sido Muncul menjadi jamu yang populer saat ini yang dikemas melalui storytelleing branding yang memiliki dampak besar pada distribusi produk, baik secara domestik maupun ekspor. Selain itu, mahasiswa juga diajak untuk berkeliling guna melihat fasilitas perusahaan dengan bimbingan tim HRD PT. Sido Muncul, yaitu ibu Nia dan ibu Maria, untuk melihat proses desain, produksi, dan distribusi jamu modern. Mahasiswa memperoleh pengetahuan mengenai manajemen stok, menajemen branding, serta operasional digital perusahaan. Pada sesi diskusi di aula agrowisata, diskusi membahas strategi pemasaran digital, cara mempertahankan branding, bekerja sama dengan influencer, serta kolaborasi dengan komunitas petani dan bank sampah, yang memungkinkan semua produk limbah memiliki nilai ekonomi.

Hasil yang diperoleh dari kunjungan perusahaan ini, mahasiswa memperoleh pemahaman langsung mengenai penerapan pemasaran digital dalam bisnis, strategi inovasi produk, dan pengembangan soft skill mahasiswa melalui interaksi yang lebih profesional. Kegiatan ini juga membantu mahasiswa bisnis digital untuk memperluas wawasan praktis tentang transformasi digital dalam industri jamu, membangun konektivitas melalui hubungan profesional di bidang jamu modern, serta memberikan motivasi kepada mahasiswa agar dapat merencanakan karir di bidang inovasi produk, pemasaran, dan bisnis digital.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun