Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... Lainnya - Ordinary people

Homo sapiens Surel : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Perseteruan Gus Samsudin vs Pesulap Merah dan Alasan Orang Indonesia Masih Percaya Dukun

3 Agustus 2022   13:33 Diperbarui: 3 Agustus 2022   13:47 320 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perseteruan antara Gus Samsudin vs Pesulap merah kian memanas. | Sumber: detik.com

Bagi yang suka berselancar di media sosial, tentu tidak asing dengan nama Gus Samsudin. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang Gus Samsudin. Apa yang saya tulis berdasar video yang beredar di media sosial.

Gus Samsudin merupakan "ahli supranatural" yang bisa menyembuhkan penyakit dengan metode pengobatannya sendiri. Gus Samsudin sangat agamis, ia berpenampilan layaknya seorang ulama.

Tak heran ia memakai kata "Gus" yang mana dalam tradisi pesantren nama tersebut sangat disegani. Diketahui, ia juga memiliki padepokan bernama Nur Dzat Sejati. 

Salah satu video yang beredar luas ialah metode pengobatan Gus Samsudin memakai "keris petir". Ya, tidak salah, Gus Samsudin memiliki keris yang disinyalir mampu mengeluarkan percikan petir.

Dalam video yang beredar, terlihat Gus Samsudin membawa keris tersebut untuk keperluan pengobatan alternatif. Keris tersebut kemudian digores-gores pada perut pasien dan seketika mengeluarkan percikan petir.

Video lain yang viral adalah kemampuan Gus Samsudin mampu menyembuhkan pasien yang disantet. Gus Samsudin bisa mengeluarkan benda-benda aneh dalam tubuh melalui buah kelapa.

Dengan jampi-jampi dan gerakan yang seolah tengah memindahkan benda aneh ke dalam kelapa, Gus Samsudin kemudian membelah kelapa tersebut dan ternyata isinya ada beling dan semacamnya.

Tidak lama setelah itu, datang seorang pesulap yang menjuluki dirinya sebagai "pesulap merah." Si pesulap merah kemudian membongkar semua trik Gus Samsudin.

Tujuan pesulap merah mulia, ia ingin agar masyarakat tidak tertipu dengan oknum yang menjual agama seperti itu dengan mengeruk keuntungan pribadi.

Pesulap merah kemudian membongkar trik keris petir milik Gus Samsudin. Sang pesulap menyebut jika keris tersebut dijual di e-commerce dengan harga mulai dari Rp. 200 ribu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan