Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... B aja lah

Anak seorang buruh Email : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Puasa dan Pandemi Bukan Menjadi Alasan untuk Tidak Produktif

15 April 2021   04:27 Diperbarui: 15 April 2021   04:30 332 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Puasa dan Pandemi Bukan Menjadi Alasan untuk Tidak Produktif
Ilustrasi. (republika.id)

Puasa merupakan menahan diri untuk tidak makan dan minum dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Karena alasan itulah, aktivitas sehari-hari tidak bisa dilakukan sebagaimana mestinya. 

Apalagi ditambah kondisi pandemi yang mengharuskan berdiam diri di rumah. Puasa disaat pandemi merupakan perpaduan yang pas untuk berleha-leha. Bagi yang malas tentu. 

Padahal, puasa tidak bisa kita jadikan alasan untuk tidak produktif dan pasif. Pun juga dengan pandemi.

Momen puasa di tengah pandemi harus dijadikan ajang untuk menambah skill dan produktifitas kita. Nah berikut beberapa aktivitas yang bisa dicoba selama puasa dan pandemi. 

1. Membaca

Ilustrasi membaca. Klikdokter
Ilustrasi membaca. Klikdokter

Wahyu pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW adalah surat Al-Alaq. Diceritakan, malaikat Jibril datang kepada Nabi Muhammad dengan berkata "iqra" yang artinya bacalah. 

Perkataan tersebut bahkan diulang sampai beberapa kali. Itu artinya, kita diperintahkan untuk membaca. Membaca merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ilmu. 

Menuntut ilmu dalam islam bahkan wajib. Beragama haruslah berilmu. Membaca di sini jelas tidak terbatas pada bacaan spiritualitas saja, tetapi lebih dari itu. 

Selain tubuh yang memerlukan asupan nutrisi agar tetap sahat.  Pikiran kita juga sama, kebutuhan pikiran kita adalah ilmu. Hal tersebut bertujuan agar rasio kita berjalan dengan baik. 

Obat yang paling mujarab bagi pikiran kita adalah literasi. Literasi senantiasa membuat pikiran kita jernih dan sehat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN