Mohon tunggu...
Daniel Tambunan
Daniel Tambunan Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

just a nice person with a lot of bad habbits.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Manfaat, Kekurangan dan Tips Jual dan Beli pada Marketplace Facebook

9 Juli 2022   19:53 Diperbarui: 9 Juli 2022   19:57 222 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Di zaman saat ini, perbelanjaan online memang sudah menjadi suatu aktivitas yang sangat umum di tengah masyarakat, khususnya kaum anak-anak muda. hal ini sangat wajar di lakukan mengingat sistem perbelanjaan online yang sangat mudah di lakukan yang dapat di lakukan di manapun dan kapanpun. 

hal yang paling awam saat ini adalah istilah dari "Market Place". yapp yaitu fitur yang di miliki oleh salah satu sosial media yaitu facebook. dan pada artikel kali ini saya akan mengajak anda untuk mengetahui apa saja manfaat, kekurangan dan tips dalam jual dan beli pada marketplace facebook. namun tidak ada salahnya bila kita sama-sama mengenal terlebih dahulu "apa itu market place?".

Apa Itu Marketplace?

Website marketplace adalah perantara antara penjual dan pembeli yang terjadi di dunia maya dalam kata lain secara online. Situs marketplace bergerak sebagai pihak ketiga atau perantara antara pembeli dan penjual  di dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan serta fasilitas untuk pembayaran. Pada dasarnya terdapat dua jenis kerja sama di situs marketplace Indonesia, yaitu marketplace murni dan konsinyasi.

1. Marketplace Murni

Kerjasama marketplace murni adalah ketika website marketplace hanya menyediakan lapak untuk berjualan dan fasilitas pembayaran. Penjual yang melakukan kerjasama marketplace diberikan kebebasan yang lebih banyak dibandingkan jenis kerjasama seperti Penjual memiliki kewajiban untuk menyediakan deskripsi dan foto produk secara mandiri.  contohnya ialah tokopedia, shopee dan lain-lain.

2. Marketplace Konsinyasi

Jenis kerjasama marketplace yang kedua adalah konsinyasi atau istilah mudahnya yaitu titip barang. Jika penjual melakukan kerjasama konsinyasi dengan situs e-commerce, ia hanya perlu menyediakan produk dan detail informasi ke pihak e-commerce. Pihak situs e-commerce akan mengurus penjualan dari foto produk, gudang, pengiriman barang, hingga fasilitas pembayaran.  Salah satu contoh marketplace marketplace yang menggunakan jenis kerjasama ini adalah Zalora.

Facebook Marketplace adalah tempat untuk melakukan kegiatan jual dan beli yang dikhususkan untuk para pengguna Facebook karena marketplace ini berada di dalam platform Facebook. Facebook Marketplace ini bisa diakses melalui desktop, tablet, ataupun aplikasi Facebook di smartphone. 

Facebook menyediakan tempat jual dan beli ini dengan tujuan agar para penggunanya bisa dengan mudah mencari dan menjual berbagai barang menarik yang dijual di Facebook. Di fitur ini pengguna dapat langsung menggunakan fitur ini tampa harus menambahkan aplikasi tambahan. 

Bagaimana Cara Berjualan atau membeli di Facebook Marketplace?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan