Daniel Mashudi
Daniel Mashudi karyawan swasta

Lifelearner. E-mail: daniel.mashudi@yahoo.com Twitter, IG: @samLeinad

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Mencicipi Kuliner "Zaman Now" di XploRasa 2018 dan Gampangnya Transaksi Pakai Kartu Danamon

16 Mei 2018   00:18 Diperbarui: 11 Juni 2018   01:23 634 0 0
Mencicipi Kuliner "Zaman Now" di XploRasa 2018 dan Gampangnya Transaksi Pakai Kartu Danamon
Dokpri

Industri makanan mengalami pertumbuhan yang cukup menjanjikan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa industri ini merupakan salah satu sektor penting bagi perekonomian nasional. Produksi industri makanan pada tahun 2017 mengalami kenaikan 9,93% dari tahun sebelumnya dan memberikan andil sebesar 27,09% terhadap industri manufaktur besar dan sedang yang mengalami kenaikan 4,47%.

Pertumbuhan industri makanan ini secara kasat mata bisa dilihat dari semakin banyaknya bisnis kuliner baru yang muncul di berbagai tempat. 

Restoran dan rumah makan dengan mudahnya kita jumpai di sekitar kita, menawarkan bermacam kuliner mulai dari kuliner tradisional, kuliner cepat saji, dan sebagainya. Acara semacam pesta kuliner juga semakin marak diselenggarakan di berbagai tempat, seperti di taman-taman terbuka dan mal. Summarecon Mal Serpong contohnya, secara rutin mengadakan acara pesta kuliner dengan tema beragam.

Dokpri
Dokpri
Setelah sukses saban tahunnya menyelenggarakan Festival Kuliner Serpong dengan sajian beragam kuliner tradisional nusantara, Summarecon Mal Serpong (SMS) kembali mempersembahkan festival kuliner masa kini yang bertajuk XploRasa 2018. SMS menggandeng Bank Danamon menyelenggarakan event tersebut pada tanggal 12 April hingga 13 Mei 2018 yang lalu dengan membawa konsep night market. Lebih dari 300 pilihan street food, dessert, dan snack "jaman now" yang sedang digemari masyarakat hadir di area Parkir Selatan SMS.

Tergabung dalam komunitas Kompasianer Penggemar Kuliner (KPK), saya bersama dua puluhan kompasianer hadir di XploRasa 2018 tersebut pada tanggal 12 Mei yang lalu. 

Sabtu sore itu kami berkumpul di salah satu titik untuk menerima briefing sebelum mengeksplorasi bermacam kuliner yang ada. Pasukan gerebek ini diberikan kesempatan membuka rekening Bank Danamon yang prosesnya sangat cepat. Syarat untuk membuka rekening tersebut adalah memiliki e-KTP, nomor telepon, dan smartphone, dan personil dari Bank Danamon dengan ramahnya membantu proses registrasi.

Dokpri
Dokpri
Tanpa perlu datang ke kantor cabang bank Danamon, registrasi bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Cukup dengan mengunduh aplikasi D-Bank Registration dan mengisi data-data yang diperlukan, tak sampai 10 menit saya sudah memiliki rekening di Bank Danamon berikut kartu debit Danamon. 

Berbagai keuntungan yang bisa didapatkan adalah bebas biaya administrasi bulanan, gratis biaya tarik tunai, biaya transfer online antarbank, bebas biaya cek saldo, dan bisa melakukan berbagai transaksi secara lengkap dan terkini. Khusus untuk event XploRasa kali ini, Bank Danamon memberikan kepada setiap kompasianer terundang sejumlah saldo untuk bertransaksi di tenant-tenant kuliner.

Nah, tiba saatnya berburu kuliner kekinian yang ada di Xplorasa 2018. Pilihannya cukup banyak, antara lain seblak wae atuh, buckmee, hoghock, nasi jejeruk, sang pisang, avocado lovers, kastera by Luna Maya, martabucks by Luna Uya, nasi goreng gila gondrong Obama, ropang plus plus, roti bakan nougat, teh tarik uncle G, shlurpdrink, legato gelato, kedai kopi kulo, es pisang ungu, dan masih banyak lagi.

xplorasa4-5afb15d9bde5752cbe5b78e2.jpg
xplorasa4-5afb15d9bde5752cbe5b78e2.jpg
Sebuah foodtruck dengan papan bertulis "Pojok Nasi Goang" menjadi pilihan saya. Menu-menu yang tersedia di sini antara lain nasi goang menak soenda, nasi ayam suwir matah, nasi ayam remek goang, nasi gepuk bandoeng, nasi cumi cabe hejo, dan menu lain. Setelah memilih salah satu menu, pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu Danamon yang dimasukkan ke mesin EDC. Cara yang gampang dan praktis!
Dokpri
Dokpri
Tak hanya menyajikan menu kuliner kekinian dengan cara bertransaksi yang kekinian pula, setting tempat dan properti yang digunakan juga bergaya kekinian. 

Kondisi ini membuat pengunjung bisa mengabadikan momen dan mengunggahnya ke media sosial. Gapura, booth foto dengan frame Instagram, atap tenda yang berbentuk piramid berwarna-warni, hingga panggung musik bisa menjadi objek atau latar belakang berfoto ria.

logo-kpk-5af8e191f13344531b058e72-5afb160aab12ae39b65caf02.jpg
logo-kpk-5af8e191f13344531b058e72-5afb160aab12ae39b65caf02.jpg