Mohon tunggu...
daniel lopulalan
daniel lopulalan Mohon Tunggu... Penulis - Student of life

Belajar berbagi. Belajar untuk terus belajar.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Betapa Cepatnya Menjadi Bintang Sepak Bola Dunia

13 Oktober 2020   12:15 Diperbarui: 13 Oktober 2020   12:28 284 21 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rodrygo-Brasil/Real Madrid (AFP/Bola.net)

Menjadi bintang sepakbola, apalagi di level international dan di usia muda, tidaklah mudah. Banyak jalan berliku yang mesti ditempuh. Pertanyaannya, apa yang membuat mereka berbeda ?

Goal.com menyusun 50 pemain muda terbaik di dunia tahun 2020. Susunan peringkat disusun berdasarkan prestasi untuk para pemain dengan tanggal lahir diatas 1 Januari 2001. 

Dilihat dari sisi jumlah pemain, Perancis menduduki peringkat pertama dengan 7 pemain. Disusul Spanyol, Belanda dan Brasil masing masing 5 pemain. 

Sedangkan dari sisi klub asal, Liverpool, Ajax Amsterdam, Barcelona dan Borussia Dortmund masing masing menempatkan 3 orang pemain muda dalam skuad nya.

Sebetulnya pada umur berapa para pemain muda sudah terjaring dalam program pengembangan ?

Umur seorang pemain memulai pendidikan di akademi sepakbola biasanya sekitar usia 10 tahun. Bila seseorang membutuhkan 10.000 jam untuk bisa ahli dalam sebuah bidang dan jika setiap hari dia berlatih 5 jam dan dilakukan 300 hari dalam setahun, maka seseorang akan bisa menguasai bidang tersebut sekitar 6,6 tahun.

Apakah memang demikian ?

Dalam  The Science of Sport disampaikan asal mula memakai angka 10.000 jam sebagai patokan. Angka ini berasal dari penelitian Erricson pada tahun 1993 yang meneliti waktu yang dibutuhkan sekelompok pemain biola untuk mencapai tahapan master dalam bermain biola. Waktu berlatih dan belajar ini kemudian dibandingkan dengan kemampuan setiap orang dalam memainkan biola.

Secara statistik didapatkan waktu 10.000 jam bagi seseorang untuk belajar dan berlatih sebagai syarat untuk menguasai permainan alat musik biola dalam tahapan ahli . Angka ini kemudian diterima umum sebagai magic number yang bisa menjadi tolok ukur pendidikan dan pelatihan dalam bidang bidang lainnya. 

Namun dalam artikel yang sama dijelaskan bahwa ternyata setiap bidang olahraga memiliki magic numbernya masing masing untuk memastikan seseorang ahli di bidang olahraga yang ditekuninya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan