Mohon tunggu...
Daniel Kalis
Daniel Kalis Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Ingin meraih mimpi lewat untaian kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sebuah Kisah tentang Mimpi Besar untuk Ibu Pertiwi

18 Maret 2021   20:23 Diperbarui: 18 Maret 2021   21:14 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Republika.co.id

Tulisan ini merupakan lanjutan dari artikel saya sebelumnya yang berjudul "Menjelajah Setiap Sudut Indonesia bersama Brisik.id". Sebelum masuk lebih jauh, saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu artikel tersebut sebagai pengantar tentang Komunitas Kontributor Brisik.id.

Ragam Cerita Penuh Makna

Beberapa hari yang lalu, kami berkesempatan untuk mewawancarai Community Manager Brisik.id yakni Kak Riri. Kepada beliau, kami bertanya tentang berbagai hal mulai dari bagaimana awal mula Brisik berdiri, filosofi di balik nama Brisik, kendala apa yang dihadapi, impian serta harapan ke depan, dan masih banyak lagi.

Kita akan mengawali cerita ini dari kurang lebih dua tahun lalu, lebih tepatnya pada bulan September 2019. Saat itu, Brisik masih berupa startup bernama Galatik Multimedia. Sebagai sebuah media yang baru dirintis, mereka masih mempublikasikan berita-berita dengan topik general seperti politik, ekonomi, lifestyle, entertainment, dan lain sebagainya.  

Namun, harus diakui persaingan dalam dunia media memang sangat keras. Melihat realitas bahwa persaingan di ranah ini sudah terlampau banyak, maka Galatik Multimedia memutuskan untuk menghadirkan konten yang lebih spesifik yakni seputar travel dan kuliner serta mengganti nama menjadi Brisik.id. Perubahan ini dilakukan sekitar bulan Februari 2020. Selain nama dan spesifik konten, logo mereka pun juga ikut berganti.

Lalu mungkin ada pertanyaan yang timbul dari benak teman-teman, kenapa Brisik berfokus pada bidang travel dan kuliner? Menurut Kak Riri, jawabannya adalah karena media daring di Indonesia masih jarang yang membahas mengenai travel dan kuliner.

Mimpi Besar untuk Indonesia

Seperti yang sempat saya bahas di artikel sebelumnya, Brisik melihat bahwa saat ini banyak media daring di Indonesia yang hanya mengejar traffic dan sering menggunakan thumbnail atau judul yang clickbait. Konten-konten seperti ini seringkali meresahkan. Brisik hadir untuk memberikan kepada kita konten-konten positif, terutama mengenai kekayaan pariwisata yang ada di Indonesia.

Namun, tidak hanya itu. 

Selain memperkenalkan pariwisata yang ada di setiap sudut Indonesia, Brisik punya sebuah mimpi besar yang ingin diwujudkan. Mimpi itu adalah membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperkenalkan produknya agar lebih banyak dibeli orang.

Brisik sadar bahwa di era saat ini promosi di bidang digital sudah nyaris menjadi keharusan. Maka dari itu, dengan bantuan rekan-rekan kontributor, Brisik bertekad untuk membuat UMKM di Indonesia lebih sejahtera.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun