Mohon tunggu...
M. Danie Al Malik
M. Danie Al Malik Mohon Tunggu...

Mencintai peran laut secara ekologis dan mencoba memahaminya melalui sebuah pembelajaran. Lautkita.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Bertemu Pari Manta dan Melihat Tentang Kehidupannya

5 Desember 2018   14:57 Diperbarui: 5 Desember 2018   15:01 473 1 1 Mohon Tunggu...
Bertemu Pari Manta dan Melihat Tentang Kehidupannya
Gambar 1. Saya dalam Gambar saat bertemu dengan Pari Manta jenis reef manta atau Manta alfredi di lokasi penyelaman bernama Manta Sandy, Raja Ampat (Sumber : A. Sembiring -- Yayasan Bionesia)

Halo saya akan menceritakan pengalaman saya yang mengagumkan bertemu pari manta di lokasi penyelaman yang terkenal di mata parawisata selam dunia yaitu Manta Sandy, Raja Ampat sebagai tempat "rest area" bagi organisme tersebut.

Sebagaimana kita ketahui pesona kawasan Raja Ampat yang berada di provinsi Papua Barat tersebut sudah masuk dalam list wajib tempat destinasi bagi pengunjung wisata domestic ataupun mancanegara. 

Raja Ampat merupakan sebuah Kabupaten yang memiliki daerah ibukota kabupaten yaitu Waisai. Melalui UU No.26 tahun 2002, Raja Ampat resmi sebagai kabupaten tersendiri hasil dari upaya pemekeran dari kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat. Kabupaten Raja Ampat memliki 4 pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool dan 1847 pulau kecil lainnya.

Pada tanggal 27 November sampai 1 Desember 2018 saya mendapat kesempatan untuk berkunjung ke daerah Raja Ampat, dan saya bermukim di Koranu Fyak Resort, Pulau Mansuar Kecil (Kri).

Pada tanggal 30 November 2018, saya berkesempatan menyelam di Manta Sandy bersama 6 orang teman saya, yang di temani oleh om Mautius sebagai pemandu penyelaman dari dive center di resort yang kami tinggali. Manta Sandy yang berlokasi di sebelah utara, sekitar 15 menit dari Pulau Arborek atau sekitar 45 menit dari Pulau Mascusuar Kecil. 

Lokasi tersebut dikenal sebagai lokasi spot untuk organisme pari manta membersihkan dirinya dari parasit atau disebut sebagai Cleaning Station, dengan arus yang cukup kuat yang menjadikan potensi terbaik untuk organisme planktivor (pemakan plankton sebagai makanan utamanya) untuk menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat ideal untuk mencari makan dan membersihkan dirinya. 

Berikut merupakan link yang merupakan artikel dari lokasi Manta Sandy dan bagaimana cara menlihat manta didaerah tersebut (https://bit.ly/2zE8zta) karena saya tidak akan membahas panjang tentang lokasi tersebut, tetapi bercerita tentang pengenalan pari manta dan bagaimana kehidupannya dari referensi-referensi yang saya dapatkan hasil dari ke kepo-an saya tentang organisme tersebut.

Pari Manta berasal dari ordo Myliobatiformes yang beranggotakan Pari Burung/Eagle Rays (Myliobatidae), Pari Elang/Cownose Rays (Rhinopteridae), dan Mobulidae. Pari burung dan Pari Elang mecari makan didasar perairan, menggunakan mulut untuk mecari makan seperti moluska dan krustasea yang berada diantara substrat dasar perairan, sedangkan suku mobulidae (Pari Manta dan Mobula) hidup sebagai hewan pelagic (hewan yang hidupnya bermigrasi) yang mencari makan di kolom perairan.

Pari manta sendiri dibedakan menjadi dua jenis spesies yaitu Manta alfredi atau reef manta ray dan Manta birostris atau oceanic manta ray dengan kemungkinan ada spesies ketiga yaitu Manta cf birostris di Karabia (Marshall et al., 2009). Bagaimana cara membedakan antara Reef Manta Ray dan Oceanic Manta Ray ? berikut saya akan memberikan referensi cara membedakan kedua jenis tersebut berdasarkan dari buku "Pedoman Identifikasi dan Pengenalan Pari Manta" yang dikeluarkan oleh Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Gambar 2. Karakteristik Jenis dari Oceanic Manta Ray atau Manta birostris (Sumber : Sadili et al, 2014)
Gambar 2. Karakteristik Jenis dari Oceanic Manta Ray atau Manta birostris (Sumber : Sadili et al, 2014)
Gambar 3. Karakteristik Reef Manta Ray atau Manta alfredi (Sumber : Sadili et al, 2014)
Gambar 3. Karakteristik Reef Manta Ray atau Manta alfredi (Sumber : Sadili et al, 2014)
Nah, berdasarkan kunci identifikasi tersebut saya dapat memastikan manta yang saya temui di lokasi selam Manta Sandy, Raja Ampat dalam Gambar.1 yaitu Reef Manta Ray atau Manta Alfredi karena yang paling bisa dilihat yaitu corak tubuh yang berada dibagian depan bawah badan atau diantara celah insang (Lihat Gambar.1 lalu bandingkan dengan Gambar.3). Dugaan saya juga sudah di konfirmasi oleh teman saya yang pernah melakukan kegiatan magang di Manta Watch di Taman Nasioanal Komodo, NTT.

Tahukah kamu, pari manta dapat menjadi inidkator kesehatan habitat ekosistem secara umum, karena dengan adanya organisme tersebut diperairan menandakan ekosistem tersebut kaya akan nutrient atau organisme plankton yang menandakan kesuburan perairan karena cara makan manta tersebut yaitu filterfeeder (menyaring makanannya). S

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x