Mohon tunggu...
Amakusa Shiro
Amakusa Shiro Mohon Tunggu...

A masterless Samurai

Selanjutnya

Tutup

Tekno Artikel Utama

Apa Tren Teknologi di Tahun 2018?

15 Desember 2017   09:30 Diperbarui: 15 Desember 2017   11:20 0 5 2 Mohon Tunggu...
Apa Tren Teknologi di Tahun 2018?
(Desain pribadi diolah dari berbagai sumber)

Waktu memang terasa begitu cepat berlalu. Tak terasa, tahun 2017 hanya tersisa beberapa hari lagi.

Tentunya ada banyak hal yang terjadi, yang secara langsung maupun tidak langsung meninggalkan banyak kenangan, baik yang menyenangkan (manis) maupun tidak (pahit). Hal-hal ini tentunya bisa kita jadikan bahan perenungan di akhir tahun, agar kita bisa memperbaikinya (jika ada yang harus diperbaiki), supaya tahun depan bisa lebih baik lagi.

Dalam hal teknologi, tentunya juga begitu banyak hal yang bisa kita lihat (misalnya melalui berita di media massa) maupun yang kita rasakan langsung sepanjang tahun 2017. Perkembangan teknologi yang terjadi, umumnya berlangsung secara bertahap dan simultan, sehingga perkembangan yang bisa kita lihat (atau rasakan) di tahun ini tentunya adalah hasil dari rentetan usaha pengembangan yang telah dilakukan di tahun sebelumnya.

Misalnya istilah seperti VR (Virtual Reality), AI (Artificial Intelligence), IoT (Internet of Things) dan lainnya, yang juga telah ada di tahun sebelumnya, bisa dengan mudah kita temukan di tahun ini. Teknologi tersebut tentunya akan terus diperbaharui dan dikembangkan, sehingga sudah pasti di tahun-tahun depan, kita masih akan terus "dihujani" dengan istilah-istilah seperti diatas.

Tren teknologi (beserta bentuk atau hasil akhirnya yang berupa benda/gawai) juga bisa kita amati melalui pameran yang diselenggarakan dengan tema tertentu. Misalnya untuk perkembangan alat elektronik, kita bisa melihat tren nya melalui pameran CES yang diadakan setiap awal tahun di Las Vegas. 

Untuk perkembangan teknologi otomotif, kita bisa juga melihat tren nya di beberapa pameran otomotif yang diadakan di beberapa negara. Di Tokyo, pameran otomotif yang bernama Tokyo Motor Show baru saja dilangsungkan, dan menarik banyak pengunjung terutama karena selain banyaknya teknologi baru yang dipamerkan, juga karena pameran ini hanya berlangsung 2 tahun sekali.

Tahun depan juga merupakan tahun yang menarik untuk menyimak apa yang akan menjadi tren teknologi, dan sejauh mana teknologi yang sudah kita kenal di tahun ini akan berkembang atau bahkan benar-benar akan diimplementasikan/diwujudkan sebagai alat atau gawai.

Untuk sekedar gambaran, saya akan memilih (hanya) 5 saja mengenai apa yang akan menjadi tren teknologi di tahun 2018 berdasarkan selera saya. Karena menyangkut selera (yang 100% subyektif), jadi ya mohon dipersori kalau mungkin tidak sesuai (berbeda) dengan pendapat pembaca yang budiman.

Tapi bukankah perbedaan (yang tidak menimbulkan gontok-gontokkan dan perpecahan) itu indah?

Smart Speaker (https://robotstart.info)
Smart Speaker (https://robotstart.info)
Smart Speaker

Bagi pembaca yang suka musik, selain punya fanatisme akan pilihan komponen utama pemutar musik (ampli,tape/cd/ph player, equalizer dll), tentunya juga akan fanatik untuk memilih speaker. Di era digital ini, pilihan speaker akan semakin bervariasi karena selain kualitas suara yang ditawarkan, kita juga bisa memilih teknologi apa yang dipakai di speaker tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN