Mohon tunggu...
Danar Virdaus
Danar Virdaus Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penganut Aliran Santai

Part-time blogger, content writer dan penikmat kopi. Merawat kucing dan kelinci adalah hobinya.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Tips dan Panduan Singkat Memberikan Makanan Kepada Kelinci

8 Agustus 2021   13:06 Diperbarui: 8 Agustus 2021   13:33 166 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tips dan Panduan Singkat Memberikan Makanan Kepada Kelinci
Tips Memberi Makan Kelinci (sumber gambar: pixabay.com)

Kelinci adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang sangat popular di samping kucing dan anjing. Namun jika dibandingkan dengan kucing dan anjing, memelihara kelinci ini bisa memiliki tantangan tersendiri.

Salah satu hal yang kerap menjadi tantangan dalam memelihara kelinci adalah terkait cara memberikan makanan. Memberi makanan kepada kelinci bisa menjadi aktifitas yang relatif sulit jika belum mengetahui cara memberikan makan yang benar.

Apalagi kelinci termasuk hewan yang memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik jika dibandingkan dengan hewan peliharaan lain seperti anjing dan kucing. Pemberian makanan dan pola yang kurang tepat bisa saja berpotensi membuat kelinci jatuh sakit. Dan ketika kelinci sakit, kita sebagai pemiliki tentu akan cukup kerepotan.

Dikutip dari blog danusyakti.com, berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk memberikan makanan kepada kelinci peliharaan Anda.

Cara Memberikan Makanan Kepada Kelinci

Perhatikan Usia

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memberikan makanan kepada kelinci adalah perhatikan usia kelinci. Dari usia 1 hari hingga sekitar 2 mingguan, anak-anak kelinci masih belum diperbolehkan dan belum bisa makan sendiri. Makanan utamanya hanyala susu dari induknya.

Ketika sudah menginjak usia 2 mingguan, sudah saatnya untuk memperkenalkan makanan kepada anak-anak kelinci. Anak kelinci yang baru belajar makan sangat disarankan diberikan makanan hijauan.

Dan yang penting adalah, layukan dulu makanan hijauan yang akan diberikan kepada anak-anak kelinci. Hijauan yang segar mengandung banyak air, dan Ketika makanan kelinci mengandung banyak air, kelinci berpotensi mengalami kembung.

Dan ketika kelinci kembung, penanganannya akan sangat berat dan banyak kasus kelinci mati dikarenakan terkena kembung yang berkepanjangan.

Hijauan yang baik untuk anak-anak kelinci contohnya rumput odot, selada air, bayam, sawi hijau, dan rumput alfalfa.
Ketika anak-anak kelinci masih belajar makan, jangan berikan makanan dalam jumlah banyak. Karena mereka juga masih dalam proses menyusu ke induk kelinci.

Ketika usia sudah mencapai 6 hingga 7 mingguan, anak-anak kelinci sudah bisa diperkenalkan kepada makanan padat seperti pelet (konsentrat). Variasikan makanannya dengan tetap memberikan makanan hijauan. Dan pastikan naikkan takaran makanannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan