Mohon tunggu...
Danang Hamid
Danang Hamid Mohon Tunggu... Freelance, father of three and coffee

Voice Over Indonesia Talent, Radio, Father of three and Black coffee

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

NilaiKu! Dari dan untuk Para Petani dan Pelaku UMK

16 Februari 2021   12:13 Diperbarui: 16 Februari 2021   12:40 121 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
NilaiKu! Dari dan untuk Para Petani dan Pelaku UMK
Pelaku UMK di Kabupaten Sukabumi dalam sebuah tes uji coba melalui zoom meeting peluncuran terbatas  NilaiKu versi 5.

"NilaiKu adalah fesbuknya-nya para petani."

- Warsito Sejati, Petani Pelopor Kabupaten Garut-

Di zaman serba internet, ada banyak aplikasi yang menawarkan diri sebagai platform paling pas bagi segala kebutuhan masyarakat, terutama bagi warganet yang terbiasa dengan gaya hidup mutakhir, dimana aplikasi tersebut membantu memudahkan banyak hal mulai dari kebutuhan akan informasi, bisnis, pekerjaan, pendidikan, jual beli, perbankan bahakan untuk urusan makan sekalipun dan lain sebagainya.

Begitu pula halnya dengan aplikasi yang diperuntukan bagi para petani dan UMKM, kini cukup banyak jumlahnya, masyarakat pun diberikan pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhannya masing-masing, sebut saja Tanihub, Ritx, Regopantes, Paktani Digital, NilaiKu MicroAid dan lain-lain. 

Salah satu yang tersebut tadi adalah aplikasi NilaiKu MicroAid yang juga telah  hadir di masyarakat untuk memberikan jawaban atas perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat petani dan pelaku UMK di era internet sekarang ini. Dan sebagai sebuah aplikasi, sekilas mungkin dianggap sama saja dengan aplikasi lainnya yang menawarkan hal yang sama seperti salah satu fungsi meluaskan pasar dan jaringan lewat internet, tetapi sesungguhnya aplikasi NilaiKu memiliki karakter tersendiri baik secara fungsi terlebih dalam proses membangun aplikasinya yang hingga kini sudah memasuki versi 5.

Adalah sebuah perjalanan yang panjang dengan melibatkan banyak elemen di masyarakat terutama para petani dan pelaku UMK yang ikut serta membangun aplikasi NilaiKu yang pada akhirnya sudah sampai pada versi 5 seperti sekarang ini.

Anggota Poktan Sari Tani di Kabupaten Garut, bersama Warsito Sejati Petani teladan yang menularkan semangat berbisnis secara online.
Anggota Poktan Sari Tani di Kabupaten Garut, bersama Warsito Sejati Petani teladan yang menularkan semangat berbisnis secara online.
Tampilannya kini cukup memukau dengan fitur yang disediakan, mulai dari beranda yang serupa dengan linimasa sosial media, Kartu Bisnis Digital (KBD) yang lebih keren,  fitur promosi produk, dan fitur KabarKu yang serupa halaman kecil blog bagi unggahan sebuah foto dengan kolom deskripsi yang memungkinkan penggunanya bercerita secara detail tentang sebuah kabar adalah keunggulan NilaiKu 5, maka tak salah pula jika salah seorang Sahabat NilaiKu Garut, Warsito Sejati menggambarkan NilaiKu adalah serupa sosial medianya para petani dan pelaku UMK.

Pendapat beragam dari para penggunanya menjadikan NilaiKu kian dinamis dan hidup "Yang saya paling sukai dari NilaiKu versi 5 adalah fitur promosi ProduKku, karena saya seorang pedagang pastinya saya butuh promosi, dan NilaiKu memberi itu" jelas Alvi Alawiyah ketika ditanya pendapatnya tentang aplikasi NilaiKu.

Dan dibandingkan dengan versi sebelumnya, NilaiKu 5 layak diberi bintang lima! Bagaimana tidak, meskipun akan terus ada pembenahan di sana-sini dalam pengembangannya agar lebih ramah pengguna, fungsi utama KBD sebagai media promosi sudah berjalan sesuai dengan fungsinya, dan patut diakui lompatan yang dilakukan dalam pengembangan NilaiKu 5 adalah cukup jauh dari generasi NilaiKu di versi 4 dan versi-versi sebelumnya.

Hal tersebut diakui Rida Warsa, pegiat usaha pertanian lulusan IPB  yang kembali ke kampung dengan niat mengembangkan wilayahnya agar lebih maju dengan menggali potensi dan memanfaatkan teknologi yang ada,mengatakan bahwa ia memanfaatkan media sosial sebagai etalase berbagai kegiatannya dalam rangka menebar informasi dan hal-hal positif bagi lingkungannya, termasuk menggunakan aplikasi NilaiKu untuk usaha pertanian yang ia tekuni.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN