Mohon tunggu...
Dafin Delian
Dafin Delian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis Lepas

Hanya orang yang ingin belajar untuk disebarkan kembali. Menyukai topik tentang lingkup budaya Asia Timur.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mempelajari Bahasa dan Kebudayaan Indonesia di Vietnam

7 November 2021   15:40 Diperbarui: 7 November 2021   20:06 144 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1: Foto USSH. Sumber: edunet.vn

Vietnam adalah negara yang masuk ke dalam keanggotaan ASEAN pada tahun 1995. Letak geografis negara Vietnam berbatasan dengan Tiongkok di utara, Laos dan Kamboja di barat, Teluk Tonkin di selatan, dan Laut Cina Selatan di timur.

Vietnam juga merupakan negara yang berhubungan dekat dengan Indonesia. Kedekatannya tercermin bukan hanya saat kunjungan Presiden Soekarno ke Saigon dan kunjungan Presiden Ho Chi Minh ke Indonesia pada tahun 1959, namun juga sampai saat ini. 

Sebagai negara yang sama-sama pernah merasakan rasanya berada di bawah kekuasaan kolonial, maka hubungan Indonesia dan Vietnam pun menjadi sangat dekat.

Selain hal tersebut, ada satu hal yang menarik untuk diketahui bahwa bahasa Indonesia juga dipelajari oleh masyarakat Vietnam, khususnya oleh Universitas Ilmu Sosial dan Humaniora (USSH) di kota Ho Chi Minh. Namun, hal ini bukan serta merta menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua yang banyak dipelajari di Vietnam. 

Saya beberapa kali melihat sebuah postingan yang mengatakan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang banyak dipelajari oleh masyarakat Vietnam dan bahkan menjadi bahasa resmi kedua. 

Pada awalnya, saya cukup kagum saat membaca hal tersebut, namun setelah bertanya kepada mereka langsung dan membaca mengenai bahasa Indonesia di Vietnam, orang Vietnam sendiri kebanyakan tidak mengerti bahasa Indonesia dan mereka juga mengatakan, jika itu adalah bahasa kedua, maka seharusnya itu adalah bahasa Inggris. 

Kita dapat mengatakan bahwa bahasa Indonesia dipelajari oleh orang Vietnam, namun jangan sampai overproud mengatakan bahwa bahasa Indonesia dipelajari oleh kebanyakan orang Vietnam.

Dilansir dari kemlu.go.id, Bahasa Indonesia diajarkan di Hanoi dengan jumlah penuturnya adalah 129 orang pada bulan Agustus 2018 dan meningkat pada tahun 2019 yaitu sebanyak 155 orang.  Selain di utara, pengajaran bahasa Indonesia di Vietnam mengalami perkembangan juga di wilayah selatan yang berfokus di USSH yang berpusat di kota Ho Chi Minh.

Fakultas Studi Oriental USSH

USSH sendiri adalah salah satu universitas di Vietnam yang memiliki program studi Indonesia yang termasuk ke dalam Fakultas Studi Oriental, bersama dengan Studi Australia, Studi Thailand, dan lain sebagainya.

Fakultas Studi Oriental (yang selanjutnya akan disebut FSO) sebelumnya bernama Departemen Studi Asia. Didirikan pada tahun 1992 di bawah kepala universitas umum Kota Ho Chi Minh. FSO dibentuk secara resmi pada tahun 1994 dan saat ini, FSO sudah berusia 27 tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan