Mohon tunggu...
Daffa Ardhan
Daffa Ardhan Mohon Tunggu... Freelancer - Cerita, ide dan referensi

Menulis dalam berbagai medium, bercerita dalam setiap kata-kata. Blog: http://daffaardhan.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mencari Teman Ngobrol di Internet

18 Februari 2020   12:17 Diperbarui: 18 Februari 2020   12:13 317
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: teknosaurus.com

Circle pertemanan saya kecil dan kurang menarik, jadi untuk mencari teman bertukar pikiran rasa-rasanya agak sulit. Beberapa teman terlihat kurang tertarik dan tidak tahu soal topik yang biasa saya obrolkan.

Sekalinya punya teman ngobrol yang asik, saya malah dijerumuskan ke dunia gibah. Dosa, iya. Bikin ketagihan, iya.

Akhirnya saya cari teman ngobrol di dunia maya dan menemukan kenyamanan disana. Selain karena punya kecocokan minat, ngobrol dengan teman-teman online bisa terjadi kapan saja tanpa harus janjian bertemu.

Nah, dari obrolan-obrolan itu selalu muncul ide-ide segar. Saya biasa mengulik semua obrolan dan mengubahnya menjadi sebuah tulisan. Hal-hal yang menyangkut ide bisa saya dapatkan dari sekedar ngobrol ngalor ngidul di sebuah chat atau saling komentar di media sosial.

Tapi tidak selamanya saya mendapat obrolan yang pas dengan teman online. Terkadang feedback antara saya dengan lawan ngobrol bisa memicu debat. Lagipula, obrolan hanya terjadi jka ada topik yang dianggap menarik. Jika tidak, obrolan itu tidak akan terjadi.

Cara lain yang paling menyenangkan sebetulnya mendengarkan obrolan orang lain. Mungkin saya jadi tidak ikut terlibat dalan satu obrolan, tapi saya tetap mendapat insight yang besar. Itu yang sering saya rasakan selama ini. Sering terinspirasi dari hasil menonton obrolan orang lain.

Saya menonton banyak acara talkshow di youtube. Ditambah mendengarkan podcast di Spotify. Dari dua platform itu saya menyebutnya sebagai "teman" ngobrol. Walaupun saya tidak ikut berbicara, tapi saya bisa mendapat pemikiran baru dan wawasan baru tentang hal-hal yang sebelumnya tidak saya ketahui.

Saya tidak akan tertarik dengan isu-isu seperti mental health, insecurity, anxiety disorder, atau body shaming kalau seandainya saya tidak mengikuti youtubers dan podcasters yang menjadikan topik itu sebagai konten.

Kalau saya mengobrol dengan teman di dunia nyata, kemudian saya ajak mengobrol tentang isu-isu tersebut, sebagian masih banyak yang tidak peduli. Saya sangat memaklumi karena saya tahu sebagian dari mereka tidak punya referensi untuk mengangkat isu itu ke tongkrongan.

Masalahnya, mereka tidak tahu akses untuk mendapat informasi tentang isu-isu krusial tersebut. Padahal, media atau platform-nya sudah ada. Kita semua punya smartphone, internet dan segudang aplikasi yang bisa download gratis.

Tokoh atau orang-orang yang membahas soal isu-isunya pun sudah banyak. Sekarang tinggal bagaimana mereka mau apa tidak meluangkan waktu atau mengurangi main games untuk mencari konten-konten berfaedah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun