Mohon tunggu...
Dafa Ramadhani
Dafa Ramadhani Mohon Tunggu... Lainnya - Content Marketing

Things never change; we change

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Budaya Menilai Orang Lain

26 April 2023   15:31 Diperbarui: 26 April 2023   15:35 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar hanya ilustrasi

Belum lama ini aku mendapati sebuah kejadian yang tidak mengenakan. Yap, momen menilai seseorang apalagi saat lebaran jadi meninggi ya dari orang lain. Tulisan ini juga aku share di blog milik aku dan bisa diakses di sini.

Dulu aku berpikir bahwa menilai seseorang itu seperti budaya yang sudah melekat pada manusia. Seolah itu hal biasa yang memang patut dibiasakan.

Tapi, semakin lama semakin aneh saja. Penilaian yang seharusnya bisa membuat kita lebih baik, justru semakin membuat kesal hingga overthinking. Jadi betulkah kebiasaan itu untuk terus dibudayakan?

Kita tidak bisa membiasakan hal yang sudah biasa padahal belum tentu benar. Yang benarlah yang harusnya dibiasakan. Dan sekarang aku sedang berusaha dan belajar menerapkannya dikehidupanku sendiri.

Menilai seseorang itu seringkali menyakitkan. Selebihnya mengesalkan hingga ingin membenamkan kepala di air saja.

Akibatnya, sadar atau tidak aku juga jadi terpengaruh. Aku kerap menilai seseorang walaupun hanya dari dalam hati. Ini yang harus aku perbaiki.

Maka dari itu, mulai melatih diriku sendiri. Pertama, mengontrol pikiran dan lisan agar tidak mudah menjudge orang lain hanya dari luar tanpa tahu dalamnya seperti apa. Kedua, memahami bahwa setiap orang itu berbeda dan memiliki keunikannya sendiri. Ketiga,menilai seseorang itu salah. Bagaimana rasanya jika hal tersebut terjadi denganku? Mungkin seperti itu

Semua Orang Itu Unik

Berbicara mengenai keunikan, aku jadi ingat seseorang pernah berbicara seperti ini. 

"Kalau kita melihat seseorang yang tidak punya hidung pasti kita langsung merasa aneh. Kenapa? Karena tidak biasa." Kurang lebih seperti itu

Sebenarnya ini karena perkara antara biasa dan tidak biasa. Melihat seseorang yang tidak biasa atau normal, kita langsung dengan mudahnya menjudge orang lain. Terlebih kita menilai dengan standar hidup kita yang berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun