Mohon tunggu...
daeng enal
daeng enal Mohon Tunggu...

I'm a blogger

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Sukamaju, Sentra Buah Naga di Kabupaten Sinjai

20 April 2015   15:32 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:52 216 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sukamaju, Sentra Buah Naga di Kabupaten Sinjai
14295186582147220539

Sukamaju, adalah nama desa di Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Jaraknya dari pusat Kota Sinjai sekira 24 kilometer. Desa Sukamaju juga salah satu akses jalan utama menuju Kecamatan Kajang dan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba. Sejak dulu daerah ini terkenal dengan hasil perkebunannya, seperti cengkeh, langsat, durian serta buah rambutan. Bahkan saat saya berkunjung ke desa ini pada pertengahan April 2015, warga setempat rata-rata sibuk memanen buah-buahan mereka.

Namun bukan rambutan atau durian yang menarik perhatian saya ketika mengunjungi desa yang dikaruniai lahan yang subur ini. Adalah kebun buah naga yang terdapat dihampir semua halaman rumah warga setempat. Jadi selain pohon rambutan dan langsat, tanaman buah naga yang melilit di batang kayu pagar milik warga juga menjadi pemandangan menarik di sepanjang jalan poros Desa Sukamaju.

Pengembangan tanaman buah jenis kaktus dari marga Hylocereus ini di Desa Sukamaju sudah dilakukan sejak tahun 2013 lalu. Saat itu masih dihitung jari warga yang berminat mengembangkannya. Namun memasuki tahun 2014, hampir sebagian besar warga setempat mulai tertarik menanam buah yang memiliki ciri-ciri bersirip panjang ini. “Umumnya tertarik karena pangsa pasarnya jelas, dan rata-rata dipesan oleh restoran dan hotel berbintang di Makassar” kata Saefuddin, warga Desa Sukamaju yang saya temui di kebun buah naga miliknya.




[caption id="attachment_411394" align="aligncenter" width="300" caption="Pengunjung dengan latar kebun buah naga di Desa Sukamaju, Kab. Sinjai"][/caption]

Jenis buah naga yang dikembangkan di Desa Sukamaju umumnya memiliki ciri : kulit buahnya berwarna pink atau merah muda, sedangkan daging buahnya merah. Rasa buah naga ini ungkap Saefuddin sangat manis dan buahnya tidak mudah pecah sehingga disukai oleh para pemesan dari Makassar. “tapi bukan saja warga Makassar yang membeli buah naga disini, banyak juga yang datang dari kota Sinjai. Satu buah naga kami jual seharga tujuh ribu, namun yang ukuran besarnya 10 ribu rupiah” jelasnya.

Selain pangsa pasarnya menjanjikan, buah naga ternyata memiliki khasiat yang sangat penting bagi kesehatan. Dari sejumlah literatur di internet disebutkan bahwa mengkonsumsi buah naga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Untuk anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, maka buah naga adalah obat yang mujarab. Khasiat lainnya adalah membantu sistem pencernaan tubuh, dan meningkatkan stamina serta vitalitas. Nah, untuk anda yang ingin merasakan manfaat dan khasiat buah naga, maka saatnya mengunjungi dan mencicipi buah naga di Desa Sukamaju, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x