URGENSI PENDIDIKAN NILAI
Dalam pancasila ke 3 yang dijelaskan bahwa bangsa Indoneia mengakui setiap persamaan dan kewajiban hak asasi manusia tanpa membedakan ras, suku dan lainnya. Namun belakangan ini isu-isu mengenai kemerosotan moral atau sering disebut degradasi moral menjadi permasalahan negara kita. Khususnya yang terjadi di ingkungan sekolah. Kemajuan teknologi menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi hal tersebut, dimana jika digunakan dengan bijak akan memberikan manfaat tetapi bisa berakibat fatal bagi penggunanya.
Peran orang tua dan guru sangat penting disini, dengan melakukan berbagai pendekatan dan memberikan contoh untuk membentuk moral baik pada anak yaitu menanamkan nilai-nilai kebiasaan yang baik seperti kejujuran, tolong menolong, tanggung jawab, mandiri dan hormat kepada orang tua. Oleh karena itu bukan hanya murid yang dituntut memiliki moral baik namun guru juga diharuskan menjadi panutan dan teladan bagi murid.
KRISIS NILAI DAN URGENSI PENDIDIKAN NILAI DI INDONESIAÂ
Pendidikan Nilai
- Pendidikan nilai adalah usaha sadar dan terencana untuk menanamkan, mengembangkan dan menginternalisasikan nilai-nilai tertentu pada peserta didik yang meliputi nilai, moral, etika, dan karakter. Tujuannya untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang matang intelektual, emosional, spiritual dan sosial.
Nilai-nilai Dasar dalam Pendidikan
- Penting untuk mengajarkan nilai-nilai universal seperti kebersamaan dan kesetaraan, karena nilai-nilai ini tidak bertentangan dengan nilai Pancasila. Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan Gokce dalam core Values Education From the Perspective of Future Educators, yang lebih penting adalah kesamaan nilai antara sekolah dengan guru-guru. Keselarasan nilai yang ada pada lembaga sekolah dan guru menjadi salah satu kunci keberhasilan pendidikan nilai.
 Â
AKSI NYATA
Cara saya menyampaikan materi tersebut kepada anggota komunitas belajar adalah dengan menggunakan metode pendekatan strategis dalam internalisasi nilai yaitu dengan 3 tahapan
Transformasi NilaiÂ
- Saya menyampaikan informasi terkait nilai-nilai moral kepada anggota komunitas belajar saya dimana strategi ini menjadi pengetahuan awal babagi mereka untuk mengetahui apa itu nilai-nilai moral.