Mohon tunggu...
Cyntia Margareth
Cyntia Margareth Mohon Tunggu... -

perempuan berumur 21 tahun

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Berkenalan dengan Wisata Medis

21 Februari 2012   02:51 Diperbarui: 25 Juni 2015   19:24 351 1 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa yang sudah pernah mendengar tentang tipe wisata ini?? Ya, biasanya kita berkunjung ke negara lain untuk melakukan wisata ke spot atau objek wisata yang terkenal di tempat tersebut, namun sekarang yang juga sedang booming adalah wisata medis (walaupun keberadaan wisata medis sudah ada sejak lama)

Lantas apa itu wisata medis? Seperti namanya (biasa disebut medical tourism atau medical travel) merupakan paket wisata yang khusus untuk kesehatan. Misalnya untuk alasan pemeriksaan kesehatan atau berobat.

Jadi bagi anda yang pernah memdengar atau melihat (atau bahkan mengalaminya sendiri) jika ada orang yang pergi ke luar negeri dengan alasan cek up atau kesehatan, maka itu termasuk wisata medis. Dahulu masyarakat dunia menjadikan Amerika dan Eropa sebagai destinasi favorit untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau cek up bahkan operasi plastic, namun sekarang sudah berubah. Kebanyakan orang sekarang menyasar berbagai negara di Asia. Kenapa di Asia? Karena biaya yang dihabiskan untuk treatment yang sama di Asia jauh lebih murah dibandingkan dengan kawasan Amerika atau Eropa.

13297925661820086466
13297925661820086466

Biaya yang murah membuat Thailand dan India menjadi destinasi favorit wisata medis di Asia

Nah, alasan kenapa wisata medis ini mulai diekspos oleh pariwisata (dinamakan wisata medis) adalah karena rata-rata mereka yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan di negara lain pasti akan membawa (minimal satu orang) untuk menemani dan riset melaporkan 90% pasien atau kerabat yang menemani akan terlibat ke dalam kegiatan pariwisata. (gampangnya: tujuan utama cuk up kesehatan, namun jalan-jalan juga pasti harus dilakukan – mumpung di luar negeri.. ^^).

132979261034741423
132979261034741423

Sedangkan Korea Selatan difavoritkan dalam destinasi operasi plastiknya.

Alasan itulah yang menyebabkan sekarang ini medical tourism sudah mulai naik daun, baik di Indonesia maupun negara lain. Untuk kawasan Asia, daerah favorit untuk wisata medis adalah Singapura,Thailand, Korea selatan. Singapura, walaupun lebih mahal dari pada Thailand dan India, namun akses bahasa inggris yang fasih dari stafnya merupakan daya tarik tersendiri disamping kualitasnya yang mumpuni. Thailand dan India merupakan negara destinasi termurah untuk wisata medis. Dan Korea selatan kita tahu bagaimana kesuksesan operasi plastiknya yang menawan. Masing-masing memiliki keunggulannya.

Nah, bagi anda sekalian jika tertarik mencicipi bagaimana rasanya wisata medis dapat menghubungi agen travel kesayangan anda. Oya, jika diberi kesempatan, ingin ke negara mana untuk berwisata medis??

T.ia

Sumber: twwholidays.com, millionlives.net, mauibody.com

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan