Mohon tunggu...
Cynthia Marissa
Cynthia Marissa Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Communication student.

I write for assignments mostly, feel free to read, however.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

The Art of Listening: 5 Tips Untuk Menjadi Pendengar yang Baik

23 Desember 2021   08:59 Diperbarui: 23 Desember 2021   09:16 303
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pendengaran adalah salah satu dari lima panca indera manusia, dengan adanya indera pendengar, manusia dapat menangkap bunyi atau suara di telinga mereka; atau dalam kata lain, manusia dapat mendengar. Namun, walaupun mendengar adalah salah satu kemampuan dasar yang dimiliki oleh hampir semua orang, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mendengarkan. Bukankah 'mendengar' dan 'mendengarkan' mengandung arti yang sama? Keduanya memang terdengar serupa, namun jika diartikan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mendengar berarti menangkap suara; sedangkan mendengarkan diartikan sebagai mendengar akan sesuatu dengan sungguh-sungguh; memasang telinga baik-baik. Singkatnya, mendengar dapat dilakukan tanpa kita sadari atau sembari melakukan aktivitas-aktivitas lain sedangkan mendengarkan hanya mungkin terjadi jika kita sadar dan benar-benar menaruh pikiran dan perhatian kita terhadap hal yang kita dengar.

Dalam kegiatan komunikasi sendiri, mendengarkan adalah salah satu bagian yang krusial dari proses komunikasi. Mengutip dari James A. F. Stoner, komunikasi adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan terhadap orang lain. Berdasarkan pengertian ini, kemampuan mendengar seorang komunikan juga menjadi penentu berhasil atau tidaknya suatu proses komunikasi. Dalam komunikasi interpersonal, khususnya, kemampuan untuk mendengarkan lawan bicara sangatlah diperlukan karena kelanjutan dan perkembangan dari hubungan interpersonal bergantung dengan kualitas dari komunikasi yang berlangsung. 

Dengan kemampuan mendengarkan yang baik, maka komunikan dapat menangkap pesan atau informasi yang diberikan oleh komunikator secara efektif dan akurat. Dan dengan keberhasilan komunikan menangkap pesan yang disampaikan oleh komunikator, maka komunikan dapat menunjukkan ketertarikan terhadap komunikasi yang berlangsung atau menunjukkan reaksi yang sesuai dengan konteks dari informasi yang disampaikan. Permisalannya adalah ketika teman anda bercerita mengenai kisah dirinya yang sedih, jika anda mendengarkan dengan seksama, maka anda akan menunjukkan sikap empati; baik melalui raut wajah anda atau kata-kata yang anda ucapkan selanjutnya.

Melalui memperhatikan apa yang lawan bicara anda ucapkan, anda akan menunjukkan juga terhadap mereka bahwa mereka sedang didengar dan hal ini juga akan membuat mereka merasa bahwa cerita mereka memiliki dampak tersendiri bagi anda. Hal ini akan meningkatkan kualitas hubungan; karena dengan menjadi pendengar yang baik, anda dapat meningkatkan tingkat kepercayaan lawan bicara anda terhadap anda yang akan mendorong mereka untuk lebih terbuka dan juga jujur terhadap anda.

Lalu, bagaimana caranya menjadi seorang pendengar yang baik? Berikut adalah lima tips untuk menjadi pendengar yang baik bagi orang di sekitar anda.

1. Pay Attention
Taruh atensi anda sepenuhnya kepada lawan bicara anda ketika ia sedang bercerita atau mengutarakan sesuatu kepada anda. Sampingkan dulu gadget, bacaan, atau distraksi-distraksi lainnya yang dapat mengambil atensi anda. Ketika anda sudah menempatkan diri anda untuk mendengar lawan bicara anda untuk bercerita, anda harus dapat memberikan ia atensi. Carilah waktu yang benar-benar luang, sampingkan gadget, atau distraksi-distraksi lainnya yang dapat mengganggu proses mendengarkan. Lawan bicara anda akan sangat senang jika anda memperhatikan apa yang ia ceritakan.
Show That You Are Listening
Seringkali walaupun tidak ada distraksi secara fisik yang hadir, orang memiliki tendensi untuk melamun--- atau untuk sekilas menghilang dalam pikirannya sendiri. Maka dari itu, penting untuk menunjukkan bahwa anda mendengarkan apa yang lawan bicara anda katakan. Menunjukkan kepada seseorang anda sedang mendengarkan dapat melalui gestur, body language dan juga raur wajah anda. Body language seseorang yang sedang benar-benar mendengarkan akan maju ke arah lawan bicaranya; hal ini mengekspresikan rasa penasarannya. Selain itu, raut wajah anda pun akan berpengaruh dan menunjukkan bahwa anda mendengarkan lawan bicara anda atau tidak.
Kemudian yang paling penting adalah untuk mempertahankan kontak mata ketika anda berkomunikasi. Mata dapat menunjukkan emosi apa yang anda sedang rasakan meskipun lawan bicara anda tidak dapat melihat raut wajah anda.

2. Save Your Questions For Last
Ketika lawan bicara anda tengah menyampaikan informasi atau cerita, dengarkanlah dahulu hingga ia selesai berbicara. Jangan memotong ceritanya atau menunjukkan gestur seolah anda ingin memotong lawan bicara anda. Hal ini dapat membuat lawan bicara anda berbicara lebih cepat---sehingga informasi yang disampaikan tidak maksimal--- karena ia merasa ia harus cepat-cepat menyelesaikan pembicaraannya untuk anda berbicara. Memotong seseorang di tengah-tengah ia berbicara juga tindakan yang tidak sopan, secara tidak langsung anda tidak menghormati siapapun itu yang tengah berbicara.

Ingat, anda hadir sebagai pendengar untuknya, bukan lawan argumen.
Gunakanlah waktu selagi lawan bicara anda menyampaikan informasi untuk memikirkan respons, untuk memikirkan pertanyaan seputar apa yang ia sampaikan dan tunggu hingga ia benar-benar selesai menyampaikan informasi. Setelah itu anda dapat bertanya. Pertanyaan juga menunjukkan bahwa anda mendengarkan, karena pertanyaan hanya mungkin muncul ketika seseorang memproses informasi baru yang ia terima.

4. Remember What They Said And Keep The Confidential Information, Confidential.
Salah satu ciri khas pendengar yang baik adalah ketika ia dapat mengingat apa yang disampaikan oleh lawan bicaranya. Dengan mengingat, anda juga dapat menanyakan kembali atau menjadikan informasi yang telah disampaikan sebagai bahan pembicaraan ketika anda bertemu lawan bicara anda lagi. Meskipun demikian, ingatlah untuk menyimpan informasi yang sifatnya rahasia sebagai rahasia antar anda dan lawan bicara anda. Menyebarkan informasi yang sifatnya rahasia menunjukkan bahwa anda tidak menghargai kepercayaan yang diberikan oleh lawan bicara anda. Maka dari itu, saringlah informasi apa yang anda dapat katakan di depan orang banyak dan ketika anda hanya bersama dia.

5. Listen.
Terkadang, yang dibutuhkan lawan bicara anda hanyalah orang untuk mendengar. Walaupun secara teknis praktek komunikasi biasanya merupakan pertukaran informasi, terkadang anda dapat menjadi pendengar saja dan cukup menunjukkan gestur mengangguk, menunjukkan raut wajah yang sesuai dan hal-hal seperti ini akan membuat lawan bicara anda merasa didengar. Anda tidak perlu merespon secara verbal, terkadang lawan bicara anda hanya perlu tempat untuk bercerita; untuk dirinya merasa didengar.

Nah, dari kelima tips di atas, apakah anda sudah menerapkan semua atau salah satu dari tipsnya? Tips-tips di atas dapat membantu untuk membangun relasi, baik dengan teman, rekan kerja, kekasih maupun keluarga anda. Yuk mulai terapkan kelima tips ini demi hubungan yang lebih baik!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun