Cut Ayu
Cut Ayu

Hasiholan Siregar

Selanjutnya

Tutup

Olahraga highlight

Kasparov is Back!

8 Agustus 2017   09:30 Diperbarui: 9 Agustus 2017   02:57 688 2 2
Kasparov is Back!
Photo: Lennart Ootes

Dua belas tahun lalu, GM Garry Kasparov mengumumkan pensiun dari dunia catur profesional setelah menjuarai Turnamen Linares 2005. Sekarang dia kembali. Kasparov is back! Legenda catur berusia 54 tahun ini akan turun berkompetisi di turnamen Saint Louis Rapid dan Blitz yang akan berlangsung di St Louis pada 14-19 Agustus mendatang.

Sejak pensiun, Kasparov telah membuat dirinya sibuk dalam 12 tahun terakhir dengan urusan politik. Ia pernah ditangkap karena memprotes presiden Rusia Vladimir Putin. Ia juga mengkritik hubungan erat antara Donald Trump dengan pemerintah Rusia. Pokoknya di mata Kasparov apa yang dilakukan Putin tidak pernah benar. Akibat perseteruannya dengan penguasa Rusia itu, Kasparov harus mengungsi ke New York dan tinggal di sana.

Namun Garry juga menjadi duta catur yang tidak pernah lelah mempromosikan permainan ini dengan berbagai cara termasuk membidani lahirnya the Grand Chess Tour. Sebuah seri turnamen yang diikuti oleh pecatur papan atas dunia. Tetapi dari semua itu hasrat untuk kembali bermain di kompetisi profesional tidak pernah benar-benar meninggalkannya.

"Pecatur seperti Garry, tangannya selalu gatal ingin bermain," kata Tony Rich, Direktur Eksekutif Klub Catur St. Louis, AS, mengomentari kembalinya legenda hidup catur ini.

Turnamen the Saint Louis Rapid and Blitz adalah seri keempat dari the Grand Chess Tour yang akan menampilkan enam peserta reguler the Grand Chess Tour ditambah empat pecatur Wild Card (WC)  yang akan memperebutkan total hadiah sebesar 150.000 dollar AS. Mereka itu adalah:

GM Hikaru Nakamura * GM Fabiano Caruana * GM Levon Aronian * GM Sergey Karjakin * GM Viswanathan Anand * GM Ian Nepomniachtchi * GM David Navara (WC) * GM Le Quang Liem (WC) * GM Lenier Dominguez (WC)  dan GM Garry Kasparov (WC).

Pasti timbul pertanyaan mengapa nama GM Magnus Carlsen tidak ada dalam daftar? Sesuai aturan, sebagai peserta reguler the Grand Chess Tour 2017, ia hanya diperbolehkan bermain di dua dari tiga seri turnamen Rapid dan Blitz yang sudah diikutinya di Paris dan Leuven, Belgia.

Ketidak hadiran Carlsen ini juga mungkin yang menarik minat Kasparov untuk turun gunung kembali. Benarkah demikian?

"Saya tidak tahu kalau Kasparov akan bermain di St Louis," kata Magnus mengomentari kembalinya juara dunia ke-13 itu. "Seandainya saya tahu, saya akan melakukan apa saja untuk bisa bermain di turnamen itu," tambahnya.

*