Mohon tunggu...
Luthfi Anggoro W
Luthfi Anggoro W Mohon Tunggu... Freelancer - Ya karyawan, ya penulis artikel. Hehehe

Ya karyawan, ya penulis artikel. Hehehe

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Yuk Kenalan denga Fungsi Kabel Release Pada Kamera

1 April 2024   21:12 Diperbarui: 1 April 2024   21:20 308
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: oreilly.com dengan edit pribadi

Kabel release adalah salah satu alat yang digunakan oleh fotografer yang memudahkan tugasnya dalam mengambil gambar. Adapun fungsi kabel release adalah untuk menggerakkan kamera ketika mengambil gambar tanpa menyentuh kamera tersebut.

Alat ini terdiri dari kawat yang bisa bergerak secara fleksibel serta konektor yang berada di bagian ujung. Kabel release adalah salah satu aksesoris fotografi yang memiliki peran penting yang dijual dengan harga terjangkau.

Fungsi Kabel Release

Nama lain kabel release adalah shutter release yaitu aksesoris tambahan dalam fotografi yang berfungsi sebagai pelepas rana tambahan di kamera. Fungsi kabel release adalah memudahkan fotografer dalam mengambil gambar agar meminimalisir getaran.

Dengan adanya kabel release, fotografer tidak perlu menekan shutter button pada kamera yang bisa menghasilkan getaran sehingga mempengaruhi kualitas foto. Khusus untuk foto dengan stabilitas tinggi memang sebaiknya menggunakan alat ini.

Misalnya Anda ingin mengambil gambar resmi, lanskap, kembang api, milky way, dan sebagainya bisa menggunakan kabel release.

Jenis Kabel Release

Bagi seorang fotografer bisa menggunakan kabel release untuk membantu menangkap gambar dengan cepat dan tepat. Di bawah ini ada beberapa jenis kabel release yang bisa Anda gunakan.

Kabel Release Ganda

Jenis pertama adalah kabel release ganda yang memiliki dua ujung untuk dihubungkan ke bagian kamera. Kedua ujung tersebut dikontrol dengan 1 pengontrol saja dan bisa digunakan untuk menangkap gambar lebih cepat.

Kabel release ganda sering digunakan dalam pengaturan fotografi makro contohnya adalah memotret dengan menggunakan lensa Zuiko, Olympus Auto Bellows, dan Olympus OM. Dengan menggunakan kabel release ganda, Anda bisa mempertahankan diafragma otomatis pada kamera.

Kabel Release Rana Udara

Berikutnya adalah kabel release rana udara sangat direkomendasikan untuk menangkap gambar atau potret diri.

Kabel Release Tunggal

Terakhir adalah kabel release tunggal yang paling banyak dijual di pasaran dan sering digunakan oleh fotografer. Contoh kamera yang bisa menggunakan kabel release tunggal adalah Nikon AR-3.

Cara Memilih Kabel Release yang Tepat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun